Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bisa Gantikan PayPal buat Transaksi Luar Negeri, Ini Cara Daftar Espay

Kompas.com - 03/08/2022, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com- Beberapa waktu belakangan, ramai diperbincangkan mengenai aksi pemblokiran akses layanan dari PayPal oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo). Akses layanan PayPal sempat diblokir pada 30 Juli lalu.

Pemblokiran tersebut terjadi lantaran PayPal tidak segera mendaftarkan layanannya ke Kominfo sesuai dengan aturan yang berlaku. Namun, pemblokiran PayPal kini tengah dibuka sementara hingga 5 Agustus 2022, pukul 23.59 WIB.

Baca juga: Cara Daftar dan Menggunakan Wise, Bisa Gantikan PayPal untuk Transaksi Luar Negeri

Seandainya PayPal tak segera daftar juga, tak menutup kemungkinan akses layanannya bakal diblokir secara permanen di Indonesia. Dengan pemblokiran PayPal, beberapa pengguna di Indonesia mungkin bakal cukup kerepotan.

Sebagaimana umum diketahui, layanan rekening virtual yang disediakan PayPal, kerap dimanfaatkan pengguna untuk melakukan transaksi luar negeri. Misalnya, untuk membeli barang atau menerima gaji dari pekerjaan.

Sementara itu, bila seandainya PayPal diblokir permanen, sebenarnya pengguna masih bisa memanfaatkan layanan transaksi luar negeri lain. Adapun salah satu contoh layanan pengganti PayPal yang juga bisa dimanfaatkan untuk transaksi luar negeri adalah Espay.

Espay sendiri merupakan layanan payment gateway atau penghubung antara pengguna dengan sumber dana, sehingga nanti bisa menerima pembayaran melalui berbagai kanal, seperti kartu kredit, virtual account, dan sebagainya.

Kendati kurang terkenal seperti PayPal, Espay mengeklaim layanannya telah hadir di 18 negara, yang meliputi Australia, China, Singapura, Malaysia, Selandia Baru, dan lainnya. Selain itu, Espay juga telah terdaftar di Kominfo.

Untuk melakukan pembelian, pengguna tinggal mencari toko atau marketplace yang menyediakan metode pembayaran menggunakan Espay. Sedangkan untuk bisa menerima uang, pengguna perlu daftar Espay terlebih dahulu.

Perlu diketahui, Espay lebih cocok dipakai untuk menerima uang dari transaksi luar negeri oleh pengguna yang memiliki usaha atau bisnis. Nantinya, Espay bisa diintegrasikan ke website atau aplikasi yang mewadahi bisnis tersebut.

Sebelum bisa mengintegrasikan Espay ke website atau aplikasi itu, pengguna perlu daftar dulu. Untuk penjelasan mengenai cara daftar Espay, silakan simak penjelasan di bawah ini, sebagaimana dilansir laman resmi Espay.

Cara daftar Espay

  • Kunjungi situs web ini https://espay.id/registrasi/ 
  • Selanjutnya, klik opsi “Daftar Sekarang”.
  • Isi formulir pendaftaran dengan memasukkan data diri, seperti nama lengkap, nama bisnis, alamat e-mail, dan sebagainya.
  • Setelah formulir dikirim, tim Espay bakal menghubungi pengguna.
  • Pengguna akan diminta untuk mengisi formulir PKS (perjanjian kerja sama), dengan melengkapi data seperti NPWP, KTP, serta profil bisnis.
  • Setelah data berhasil diverifikasi oleh tim Espay, pengguna bisa mulai mengintegrasikan sistem API Espay ke website tempat bisnisnya. Kemudian, pengguna melakukan uji coba keamanan API tersebut.
  • Setelah diuji coba, Espay bisa digunakan untuk menerima pembayaran.

Baca juga: Cerita Pengguna PayPal yang Panik Saat Akses Diblokir Kominfo, Susahnya Tarik Gaji di Akhir Bulan

Informasi yang lebih lengkap mengenai cara daftar Espay kunjungi tautan ini. Demikianlah penjelasan seputar cara daftar Espay, yang bisa jadi salah satu opsi untuk menggantikan PayPal dalam bertransaksi antar negara, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com