Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesan GoFood Kini Bisa Langsung Lewat Aplikasi Tokopedia

Kompas.com - 12/08/2022, 19:03 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gojek dan Tokopedia resmi bergabung (merger) pada Mei 2021. Kini, keduanya berada di bawah payung grup perusahaan baru bernama GoTo.

Sejak resmi merger, Gojek-Tokopedia perlahan-lahan mulai melebur ekosistem keduanya. Misalnya, Tokopedia menambahkan dompet digital milik Gojek, yaitu GoPay sebagai opsi pembayaran utama di platformnya.

Yang paling baru, kini, layanan pesan-antar makanan (food delivery) milik Gojek, GoFood juga akhirnya resmi hadir di aplikasi Tokopedia. Dengan begitu, pengguna Tokopedia bisa memesan makanan/minuman di GoFood langsung di aplikasi, tanpa perlu beralih ke aplikasi Gojek.

Baca juga: Kevin Aluwi Lepas Jabatan CEO Gojek, Masuk Komisaris GoTo

Dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno, Jumat (12/8/2022), Direktur sekaligus Head of Food and Indonesia Sales & Ops GoTo, Catherine Hindra Sutjahyo mengatakan bahwa kehadiran layanan GoFood di Tokopedia merupakan salah satu strategi sinergi di ekosistem GoTo.

"Harapan kami, kehadiran GoFood di Tokopedia dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses berbagai layanan terbaik dari Grup GoTo, sekaligus membuka kesempatan bagi merchant kuliner GoFood untuk menjangkau lebih banyak pelanggan, khususnya di Tokopedia," kata Catherine.

Pada tahap awal peluncuran, layanan GoFood di Tokopedia dapat dinikmati oleh pelanggan Tokopedia yang berbasis di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi  (Jabodetabek).

Ke depannya, layanan GoFood di Tokopedia akan diperluas untuk menjangkau pelanggan Tokopedia di berbagai wilayah Indonesia.

Baca juga: Ramai soal Biaya Tambahan Rp 1.000 Saat Belanja, Ini Penjelasan Tokopedia

Menu "GoFood" muncul di halaman utama aplikasi Tokopedia

Pelanggan Tokopedia di wilayah Jabodetabek kini bisa memesan GoFood langsung di dalam aplikasi.KOMPAS.com/ Galuh Putri Riyanto Pelanggan Tokopedia di wilayah Jabodetabek kini bisa memesan GoFood langsung di dalam aplikasi.
Pantauan KompasTekno, menu "GoFood" sudah muncul di halaman muka aplikasi Tokopedia versi 3.186.

Dalam keterangan resminya, GoTo mengatakan bahwa layanan GoFood di Tokopedia dapat diakses melalui widget yang ditampilkan di laman utama aplikasi Tokopedia (versi 2.188 dan lebih baru untuk iOS atau versi 3.182 dan lebih baru untuk Android).

Pengguna aplikasi Tokopedia disarankan untuk melakukan pembaruan atau update melalui Apple App Store untuk pengguna perangkat iOS dan Google Play Store bagi pengguna perangkat Android agar bisa menikmati layanan GoFood secara langsung di aplikasi Tokopedia.

Baca juga: Cara Ganti Kartu 3G ke 4G Telkomsel lewat Tokopedia, Shopee, dan JDid

Nantinya, widget "GoFood" akan muncul di halaman muka aplikasi Tokopedia, dilengkapi dengan ikon sendok dan garpu berwarna merah. Saat dibuka, layanan GoFood di Tokopedia terlihat sangat mirip seperti layanan GoFood di aplikasi Gojek.

Cara pesan GoFood lewat Tokopedia

Berikut cara memesan GoFood lewat Tokopedia:

  • Klik widget "GoFood" di halaman muka Tokopedia.
  • Pilih makanan/minuman yang diinginkan dari merchan GoFood.
  • Klik “Pesan” pada makanan yang diinginkan. Lengkapi pesanan sesuai yang diinginkan pengguna.
  • Klik "Pilih pembayaran" untuk menyelesaikan pembayaran. Metode pembayaran yang bisa dipilih di antaranya adalah GoPay, GoPayLater, Ovo, Debit Instan, dan Kartu kredit/debit.
  • Kemudian klik “Bayar” dan pesanan kamu akan diproses.

Untuk menyambut layanan GoFood di Tokopedia, GoTo menggelar promo diskon hingga Rp 120.000 untuk setiap pemesanan GoFood di Tokopedia yang berlaku seharian pada tanggal 1-31 Agustus 2022.

Pelanggan juga bisa memanfaatkan diskon spesial "Tokopedia13" senilai hingga Rp 130.000 di semua resto GoFood di aplikasi Tokopedia yang berlaku tanggal 17-19 Agustus 2022.

Baca juga: Cara Menambahkan Alamat Baru di Tokopedia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com