Vendor Didesak Bikin Ponsel yang Awet dan Gampang Diservis

Kompas.com - 05/09/2022, 14:30 WIB

KOMPAS.com - Badan Eksekutif Uni Eropa atau disebut Komisi Eropa tengah mencanangkan proposal yang akan mendesak vendor untuk menghadirkan ponsel yang tahan lama dan mudah diperbaiki.

Berdasarkan draft proposal yang sudah disusun, Komisi Eropa akan mendesak vendor ponsel untuk memasok setidaknya 15 suku cadang yang berbeda ke outlet reparasi profesional selama lima tahun, sejak ponsel terkait pertama kali dijual.

Selain mendesak stok suku cadang, regulator Eropa itu juga akan mendesak vendor agar memberikan konsumen jaminan akses penggantian baterai, layar, charger, cover belakang, serta slot kartu SIM atau memori selama lima tahun.

Upaya ini ditempuh Komisi Eropa untuk mengurangi emisi gas di seluruh Eropa. Menurut laporan Financial Times, memperpanjang siklus hidup smartphone selama lima tahun setara dengan menghilangkan 5 juta mobil di jalan.

Baca juga: Eropa Wajibkan Penggunaan USB-C, Bagaimana Nasib iPhone dengan Port Lightning?

Selain itu, regulator percaya bahwa mendesak vendor ponsel agar membuat produk yang lebih tahan lama dan mudah diperbaiki akan mengurangi limbah elektronik. Praktik ini juga dinilai akan meningkatkan tingkat daur ulang dan penggunaan kembali bahan yang mungkin bisa dipakai untuk perangkat baru lainnya.

Bila aturan itu disahkan dan vendor ponsel tidak dapat memenuhi ketentuan terkait baterai, maka mereka harus mengikuti serangkaian tes ketahanan baterai. Tes ini dilakukan guna memastikan bahwa komponen baterai ponsel mampu mempertahankan kapasitasnya setidaknya 80 persen setelah melalui 1.000 kali siklus pengisian ulang penuh.

Vendor ponsel juga akan diwajibkan agar memastikan pembaruan software tidak berdampak negatif pada masa pakai baterai ponsel.

Perlu dicatat bahwa draft aturan ini tidak berlaku untuk ponsel atau tablet lipat atau ponsel dengan keamanan tinggi. Sebab, aturan ini difokuskan pada peningkatan masa pakai baterai ponsel, terutama ponsel murah, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (5/9/2022).

Susul aturan charger standar 2024

Proposal yang mendesak vendor ponsel agar membuat produk yang lebih tahan lama dan mudah diperbaiki ini menyusul aturan Uni Eropa sebelumnya soal standar charger universal menggunakan USB tipe-C yang dikenalkan pada Juni lalu.

Baca juga: Eropa Desak Apple Sediakan Alternatif App Store di iPhone

Menurut keterangan tertulis di situs resmi Parlemen Eropa, aturan yang mengatur penggunaan charger USB Type-C di Eropa ini dijadwalkan diresmikan dan diterbitkan sebagai undang-undang baru pada musim panas tahun ini, atau sekitar bulan Juli-September 2022 ini.

Halaman:
Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.