Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy Z Flip 4 "Bora Purple" dan "Merah Putih" Paling Laris di Indonesia

Kompas.com - 02/09/2022, 16:50 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Samsung Galaxy Z Flip 4 resmi masuk Indonesia. Ponsel ini mulai dijual perdana bersama dengan Galaxy Z Fold 4 melalui acara Consumer Launch di Mal Central Park, Jakarta Barat, mulai hari ini, Jumat (2/9/2022) hingga 4 September mendatang.

Sebelum dijual perdana, konsumen di Indonesia sudah lebih dulu bisa memesan (pre-order) Samsung Galaxy Z Flip 4 sejak 10 Agustus hingga 1 September 2022.

Selama masa pre-order tersebut, Product Marketing Manager Samsung Mobile Experience, Samsung Electronics Indonesia, Verry Octavianus mengatakan bahwa Samsung Galaxy Z Flip 4 disebut sedikit lebih laris ketimbang Galaxy Z Fold 4.

"(jumlah pre-order) Galaxy Z Flip 4 sedikit lebih banyak. Namun secara garis besar, ya hampir 50:50. Galaxy Z Flip 4 sedikit lebih tinggi karena kami punya warna eksklusif dan edisi BeSpoke," kata Verry saat ditemui KompasTekno usai acara Local Launch di Jakarta Selatan, Kamis (1/9/2022).

Baca juga: Alasan Samsung Hanya Bawa 5 Kombinasi Warna Galaxy Z Flip 4 Bespoke Edition ke Indonesia

Warna "Bora Purple" paling laris

Samsung Galaxy Z Flip 4 sendiri dijual paling murah seharga Rp 14 juta untuk varian 8/128 GB. Harga Galaxy Z Flip 4 selengkapnya bisa disimak melalui artikel berikut ini.

Di Indonesia, Samsung Galaxy Z Flip 4 ditawarkan dalam empat pilihan warna, yaitu Essential Graphite, Genderless Pink Gold, Bora Purple, dan Contemporary Blue.

Dari viarian warna tersebut, Verry mengatakan bahwa Galaxy Z Flip 4 warna Bora Purple paling banyak diminati konsumen di Indonesia.

"Untuk Galaxy Z Flip 4, konsumen Indonesia lebih banyak memilih warna Bora Purple (ungu). Kalo Galaxy Z Fold 4 paling banyak dipilih adalah warna Graygreen," kata Verry.

BTS x Samsung Galaxy Z Flip 4 menghadirkan varian warna khusus bora purple.Samsung BTS x Samsung Galaxy Z Flip 4 menghadirkan varian warna khusus bora purple.
Tahun ini, Samsung memang memilih menyebut varian warna ungu pada Galaxy Flip dengan sebutan "Bora Purple". Tahun lalu, Galaxy Z Flip 3 juga memiliki varian warna ungu dengan sebutan "Lavender".

Baca juga: Samsung Rilis Foto BTS x Galaxy Z Flip 4, Download di Sini untuk Dicetak

Pemilihan sebutan varian warna Bora Purple pada Galaxy Z Flip 4 tahun ini berkaitan dengan boyband kenamaan asal Korea Selatan, BTS, yang merupakan Brand Ambassador Samsung.

Dalam bahasa Korea, "Bora" diambil dari kata "borasaeg" yang berarti warna ungu.

Kata-kata "Bora" juga dekat dengan BTS dan Army (sebutan fandom BTS). Pasalnya, BTS dan Army sering mengungkapkan rasa sayang dengan istilah "Borahae" atau "I Purple You", alih-alih "I Love You" (aku sayang kamu) dalam bahasa Inggris.

Istilah I Purple You pertama kali diciptakan oleh anggota BTS, yang bernama Kim Taehyung atau V BTS. Dikutip dari allkpop, V BTS pernah mengatakan bahwa warna ungu adalah warna terakhir dalam pelangi.

"Ungu adalah warna terakhir dari pelangi, jadi itu berarti saya akan percaya dan mencintaimu hingga waktu yang sangat lama," ucapnya.

"Merah Putih" paling banyak dipilih untuk BeSpoke Edition

Selain empat warna Galaxy Z Flip 4 tadi, Samsung Indonesia juga memboyong Galaxy Z Flip 4 edisi khusus bernama "BeSpoke Edition".

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com