Kompas.com - 08/09/2022, 17:45 WIB

KOMPAS.com - Sesuai rumor yang beredar sebelumnya, Apple benar-benar menghilangkan slot kartu SIM pada iPhone 14 Series yang baru saja dirilis di Amerika Serikat, Kamis (8/9/2022) dini hari tadi.

Karena tak ada lagi laci SIM, pemilik iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max, setidaknya yang berada di AS, bakal sepenuhnya mengandalkan kartu SIM elektronik (electronic SIM/e-SIM), bukan kartu SIM fisik pada umumnya.

Dalam situs resminya, Apple memastikan bahwa iPhone 14 Series yang dipasarkan di Negeri Paman Sam hanya mendukung e-SIM ganda.

"iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max tidak kompatibel dengan kartu SIM fisik," tulis Apple AS di laman spesifikasi iPhone 14 Series.

Baca juga: Daftar Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max

Langkah ini pun memantik keluhan dari sejumlah pengguna iPhone di AS. Mereka mengeluhkan bahwa tak adanya laci kartu SIM fisik membuat mereka kemungkinan besar harus menggunakan layanan paket roaming dari operator e-SIM yang digunakan pada iPhone 14 Series ketika bepergian ke luar AS.

Alhasil, pemilik iPhone 14 Series tidak bisa menggunakan kartu SIM fisik lokal dari negara yang dikunjunginya. Padahal, membeli kartu SIM lokal sering kali menjadi pilihan pengguna karena kartu SIM lokal dinilai memiliki harga yang relatif lebih murah dan praktis, dari pada membeli paket roaming.

Aternatif lainnya, kemungkinan pemilik iPhone 14 Series versi AS harus membeli e-SIM lokal. Namun, masalahnya, layanan e-SIM ini belum merata hadir di seluruh negara. Jadi, membeli e-SIM di luar wilayah AS bakal membutuhkan usaha lebih, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Kamis (8/9/2022).

Di Indonesia misalnya, saat ini baru satu operator seluler yang memiliki layanan e-SIM, yakni Smartfren. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai e-SIM dan perbedaannya dengan kartu SIM fisik, bisa menyimak artikel berikut.

Baca juga: Mengenal Dynamic Island, Poni Baru di iPhone 14 Pro dan 14 Pro Max

iPhone 14 di luar AS tetap punya slot kartu SIM fisik

ilustrasi slot kartu SIM pada iPhone.9to5Mac ilustrasi slot kartu SIM pada iPhone.
Karena layanan e-SIM belum merata, iPhone 14 Series dengan slot kartu SIM fisik bakal tetap tersedia di beberapa wilayah pasar di luar AS. Seperti di negara tetangga Indonesia, Singapura dan Malaysia, misalnya.

Pantauan KompasTekno di situs Apple Singapura dan Malaysia, rincian spesifikasi iPhone 14 Series menyebutkan bahwa ponsel ini mendukung Dual SIM (nano-SIM dan e-SIM).

Halaman:
Sumber Mashable


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.