Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kamera iPhone 14 Pro Dilaporkan Bergoyang, Apple Janji Perbaiki

Kompas.com - 20/09/2022, 16:30 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - iPhone 14 Pro hadir dengan sejumlah peningkatan, salah satunya di sektor fotografi. Kamera ponsel tersebut dibekali sensor 48 MP, lebih tinggi dibanding pendahulunya, iPhone 13 Pro (12 MP).

Meski begitu, kamera iPhone 14 Pro baru-baru ini dilaporkan bermasalah ketika ingin mengambil foto/video dengan beberapa aplikasi pihak ketiga, seperti Snapchat, TikTok, dan Instagram.

Permasalahan tersebut muncul saat pengguna membuka kamera di ketiga aplikasi di atas. Kamera iPhone langsung “bergoyang” alias shaking, sehingga hasil foto yang dipotret tidak jelas.

Sejumlah pengguna juga mengatakan kamera iPhone 14 sampai bergetar hingga mengeluarkan suara yang nyaring.

Baca juga: Viral Foto Jual Ginjal demi iPhone 14, Ini Faktanya

Merepons permasalahan tersebut, pihak Apple mengakui adanya masalah kamera iPhone 14 Pro dan mengeklaim sudah memiliki solusi untuk menanganinya.

Apple mengungkapkan bahwa pihaknya akan segera menggulirkan pembaruan dan perbaikan di minggu depan, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Selasa (20/9/2022).

Namun, ada satu hal yang perlu diperhatikan pengguna. Apple mengimbau seluruh pengguna yang terdampak, untuk tidak membiarkan kamera iPhone 14 mengalami goncangan/getaran secara terus-menerus.

Sebab, hal tersebut menurut Apple bakal menyebabkan kerusakan pada perangkat keras (hardware) ponsel.

Sebelum Apple mengumumkan akan merilis perbaikan, keluhan yang dialami pengguna sudah berseliweran di media sosial seperti Twitter dan Reddit.

Ringkasnya, keluhan yang terjadi hanya bermasalah ketika membuka tiga aplikasi tadi (Snapchat, TikTok, dan Instagram). Akan tetapi, bila ponsel menjalankan aplikasi kamera bawaan iPhone 14 Pro, tidak ditemukan masalah dan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

“Saya baru membeli iPhone 14 Pro dan tiba-tiba fitur OIS (Optical Image Stabilization) pada kamera bergetar (saya bisa melihat dan mendengarnya bergetar) di Snapchat,” ujar salah seorang pengguna di Reddit.

Selain Reddit, pengguna di Twitter juga mengunggah video singkat yang memperlihatkan bahwa kamera iPhone 14 kerap bergetar dan mengeluarkan suara ketika menjalankan aplikasi Snapchat.

Berdasarkan laporan Bloomberg, masalah pada kamera iPhone 14 Pro sudah terjadi sebanyak dua kali.

Permasalahan pertama terjadi saat hari peluncuran iPhone 14 Pro. Pengguna diminta untuk melakukan pembaruan sistem operasi iOS 16.0.1, untuk mengatasi permasalahan pada aplikasi FaceTime.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Bloomberg
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com