7 Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 yang Perlu Diketahui

Kompas.com - 20/09/2022, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Sistem operasi terbaru untuk iPhone, iOS 16 resmi dirilis Apple sejak Senin minggu lalu (12/9/2022). Sebagai penerus dari iOS 15, menjadi wajar bila terdapat peningkatan dan pembaruan fitur untuk iPhone di iOS 16.

Lantas, apa saja perbedaan iOS 15 dan iOS 16? Salah satu contoh perbedaan iOS 15 dan iOS 16 bisa dilihat lewat fitur Live Text. Di iOS 15, fitur Live Text hanya mampu untuk mendeteksi teks yang terdapat di foto atau gambar.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Sedangkan Live Text di iOS 16, kemampuannya ditingkatkan menjadi bisa untuk mendeteksi teks yang terdapat di video. Selain itu, masih banyak lagi perbedaan yang bisa ditemukan antara iOS 15 dan iOS 16.

Bila tertarik untuk mengetahui perbedaan iOS 15 dan iOS 16 yang lebih lengkap, silakan simak daftarnya di bawah ini.

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16

1. Lock Screen

Ilustrasi fitur memodifikasi Lock Screen pada iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi fitur memodifikasi Lock Screen pada iOS 16.

Perbedaan pertama yang sangat mudah dijumpai terletak di kemampuan untuk memodifikasi lock screen. Fitur lock screen di iOS 15 tidak banyak mengalami perubahan, hampir mirip dengan versi iOS sebelum-sebelumnya.

Beda dengan iOS 16, yang mana pengguna bisa memodifikasi lock screen dengan berbagai opsi, misal mengganti warna dan font penunjuk waktu, menambahkan widget, serta terdapat beberapa koleksi wallpaper yang bisa dibuat sendiri seperti wallpaper emoji.

2. Fokus

Fokus merupakan fitur yang memungkinkan supaya peringatan di iPhone bisa diatur menjadi beberapa mode sesuai dengan aktivitas pengguna, seperti mode “Don’t Disturb” atau “Sleep”. Fitur ini dirilis pertama kali pada iOS 15.

Di iOS 16, terdapat beberapa peningkatan fitur Fokus dari yang sebelumnya. Peningkatan itu seperti ditambahkannya kemampuan memberikan saran untuk hanya menampilkan beberapa aplikasi tertentu di layar “Home”, sesuai dengan mode yang dipilih.

Dengan iOS 16, Fokus bisa diaktivasi pengguna secara otomatis di waktu dan lokasi tertentu. Selain itu, Fokus juga bisa diatur untuk otomatis aktif saat pengguna membuka aplikasi tertentu.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.