Kompas.com - 29/09/2022, 15:00 WIB

KOMPAS.com - Setelah lama dinanti, Intel akhirnya bakal merilis kartu pengolah grafis (GPU) desktop pertamanya dari seri Intel Arc ke pasaran dalam waktu dekat.

Hal ini diumumkan Intel dalam sebuah acara bernama "Intel Innovation" peka ini, yang digunakan pula untuk mengumumkan jajaran prosesor (CPU) Intel Core Geerasi ke-13.

Adapun model GPU pertama Intel yang akan dirilis adalah GPU high-end Intel Arc A770, dan bakal tersedia secara global mulai 12 Oktober 2022.

Secara spesifikasi, Intel Arc A770 dirancang menggunakan arsitektur Arc 7 GPU dan hadir dalam dua varian, yaitu varian dengan video memory (VRAM) 8 GB dan 16 GB.

Baca juga: Intel Bikin Unison, Aplikasi Penghubung Android dan iPhone ke PC Windows

Kedua varian GPU Intel Arc A770 ini memiliki kemampuan serupa. Perbedaan hanya terletak di besar memory bandwidth yang diusung, yaitu 512 GB/s untuk varian 8 GB dan 560 GB/s untuk varian 16 GB.

Terlepas dari itu, spesifikasi lainnya sama persis. Intel Arc A770 dibekali dengan 32 unit "Xe Cores" dan 32 Ray Tracing Units yang memiliki kecepatan clock hingga 2.100 MHz. GPU ini memiliki konsumsi daya dengan TDP 225 watt.

Untuk pemrosesan grafis, Intel Arc A770 juga dibekali dengan teknologi Intel XeSS. Teknologi ini memungkinkan gambar yang diproses GPU ditampilkan sebagus dan senyata mungkin menggunakan teknologi rekonstruksi AI super sampling.

Jika dibayangkan, teknologi ini mirip dengan teknologi FidelityFX Super Resolution (FSR) milik AMD, serta Deep Learning Super Sampling (DLSS) milik Nvidia.

Baca juga: Nvidia Resmikan GPU RTX 4080 dan RTX 4090, Ini Harganya

Dalam pengujian (benchmark) performa, Intel menyandingkan Intel Arc A770 dengan kartu grafis kompetitor Nvidia GeForce RTX 3060.

Pengujian main game Nvidia GeForce RTX 3060 vs Intel Arc A770.Intel Pengujian main game Nvidia GeForce RTX 3060 vs Intel Arc A770.

Di mayoritas game papan atas alias "AAA" yang dijalankan di pengaturan grafis 1080p dengan fitur pencahayaan mumpuni, alias Ray Tracing menyala, Intel mengeklaim Arc A770 lebih tangguh dibanding RTX 3060.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber IGN


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.