Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Fitur Baru WhatsApp yang Meluncur September Ini

Kompas.com - 29/09/2022, 13:04 WIB
Caroline Saskia,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - WhatsApp resmi merilis sejumlah fitur baru untuk pengguna. Setidaknya ada lima fitur baru yang digelontorkan di bulan September ini.

Kelima fitur yang dihadirkan salah satunya adalah admin grup kini bisa menghapus pesan WhatsApp dari anggota grup. Fitur ini bernama “Admin Delete” yang sebelumnya sempat diuji coba pada Agustus lalu.

Kemudian, fitur lainnya adalah untuk keluar dari grup secara diam-diam. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah lima fitur baru yang dihadirkan WhatsApp, Kamis (29/9/2022).

1. Filter pesan yang belum dibaca

Fitur pertama yang digulirkan Whatsapp adalah memungkinkan penggunanya untuk mencari pesan berdasarkan pesan yang belum terbaca alias unread message.

Baca juga: Segera Update WhatsApp Versi Ini, Ada Celah Keamanan Berbahaya

Fitur ini bisa dicoba dengan mengeklik kolom “Search” di aplikasi Whastapp, lalu pilih opsi “Unread”. Setelah dari situ, sistem akan secara otomatis melakukan filter dari pesan yang belum dibaca berdasarkan waktu terbaru ke terlama.

WhatsApp kedatangan fitur baru, salah satunya filter untuk melihat pesan yang belum dibaca. KOMPAS.com/Caroline Saskia WhatsApp kedatangan fitur baru, salah satunya filter untuk melihat pesan yang belum dibaca.

2. Membatalkan pesan yang dihapus

Fitur kedua berfungsi untuk membatalkan penghapusan pesan yang dihapus melalui opsi “delete for me”.

Ketika pengguna menghapus pesan melalui opsi "delete for me", akan muncul pilihan "undo". Jika ingin batal menghapus pesan, cukup klik opsi tersebut seperti gambar di bawah ini.

WhatsApp kedatangan tombol untuk membatalkan hapus pesan.KOMPAS.com/Caroline Saskia WhatsApp kedatangan tombol untuk membatalkan hapus pesan.

3. Preview links di kolom status

Fitur ketiga adalah “Preview Links”. Fitur ini memungkinkan pengguna melihat prantinjau dari tautan (link) yang diunggah salah seorang teman/kerabat di laman Status Whatsapp.

Jika ada teman/kerabat yang membagikan sebuah link di status, pengguna bisa mengeklik tautan tersebut untuk melihat gambaran singkat dari link yang dibagikan.

Baca juga: WhatsApp Siapkan Fitur Polling di Grup dan Caption Dokumen

4. Bisa keluar grup diam-diam

Tampilan jendela pop-up yang akan dilihat pengguna ketika keluar grup WhatsApp.WABetaInfo Tampilan jendela pop-up yang akan dilihat pengguna ketika keluar grup WhatsApp.
Kabar baik bagi seluruh pengguna yang selama ini “takut ketahuan” bila ingin keluar dari grup. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk “diam-diam” meninggalkan grup tanpa meninggalkan notifikasi apapun.

Sebelumnya, bila salah satu anggota keluar grup, maka seluruh anggota grup akan mendapatkan pemberitahuan.

Namun, adanya fitur ini, anggota grup tidak akan mendapat notifikasi apapun. Hanya admin grup saja yang mendapat notifikasi pemberitahuan tersebut.

5. Admin grup bisa hapus pesan anggota

Admin grup WhatsApp kini bisa menghapus pesan yang dikirim anggota grup.KOMPAS.com/Kevin Rizky Pratama Admin grup WhatsApp kini bisa menghapus pesan yang dikirim anggota grup.
Fitur yang bernama “Admin Delete” ini memungkinkan admin grup Whstapp untuk menghapus pesan dari anggota lain.

Admin dapat menekan dan menahan (tap and hold) gelembung pesan yang ingin dihapus. Lalu, memilih ikon tempat sampah di pojok kanan atas. Namun, anggota grup akan dapat melihat nama admin yang menghapus pesan tersebut.

Kehadiran dari fitur ini ditujukan untuk membantu admin memoderasi dan mengelola obrolan dalam grup Whatsapp agar dapat lebih kondusif. Sebelumnya, penghapusan pesan tersebut hanya bisa dilakukan oleh pengirim pesan saja.

Baca juga: Fitur Mute Peserta Grup Call WhatsApp Hadir di Indonesia

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com