Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Fitur Ikonik di Google Maps Dihapus Setelah Ratu Elizabeth II Wafat

Kompas.com - 01/10/2022, 19:00 WIB
Caroline Saskia,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

Sumber Mirror

KOMPAS.com - Ratu Elizabeth II telah meninggal dunia dalam usia 96 tahun, tepat pada Kamis (8/9/2022) lalu. Banyak hal berubah setelah wafatnya Ratu Elizabeth yang telah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun.

Termasuk takhta kerajaan yang kini dipegang oleh putranya, Raja Charles III. Tidak hanya terkait sistem pemerintahan kerajaan, perubahan minor juga terjadi di Google Maps pasca wafatnya Ratu Elizabeth II.

Seorang pengguna forum online Reddit menemukan bahwa Google Maps menghapus salah satu fitur ikonik khas Kerajaan Inggris setelah Ratu Elizabeth II wafat. Fitur itu adalah ikon Street View versi Ratu Elizabeth II.

Ikon Street View atau yang dikenal dengan nama "PegMan", terletak di ujung bawah kanan ketika membuka Google Maps. Ikon berbentuk manusia bewarna kuing itu akan muncul ketika pengguna mengubah mode ke "Street View".

Baca juga: Mengenang Elizabeth II, Ratu Inggris yang Melek Internet

Nah, menurut kesaksian Redditor (sebutan untuk pengguna Reddit), sebelum Ratu Elizabeth wafat, "PegMan" diubah menjadi "PegMa'am", yakni ikon Street View yang digambarkan menyerupai sosok Ratu Elizabeth.

Ikon PegMa'am muncul ketika pengguna Google Maps "jalan-jalan" ke komplek Kerajaan Inggris, seperti Buckingham Palace, serta di sekitar Windsor Castle, dan Balmoral Castle di Skotlandia.

Setelah Ratu Elizabeth II wafat, Google menghilangkan ikon PegMa'am tersebut dan kembali menyematkan ikon PegMan seperti penelusuran Street View di lokasi lain.

Ikon PegMa'am sebagai tanda penghormatan

Ikon PegMa'am pertama kali diluncurkan Google Maps pada tahun 2015. Ikon itu menjadi tanda penghormatan bagi Ratu Elizabeth sebagai pemimpin monarki terlama di sejarah Kerajaan Inggris.

PegMa'am dibuat semirip mungkin dengan penampilan khas Ratu Elizabeth II. Alih-alih bewarna kuning polis seperti ikon PegMan, PegMa'am digambarkan dengan busana, aksesoris, dan ornamen lainnya yang menjadi ciri khas Ratu Elizabeth II, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mirror.co.uk, Sabtu (1/10/2022).

Ikon tersebut memiliki rambut bergelombang pendek berwarna putih, mengenakan gaun kerajaan, mahkota, dan memakai selempang berwarna biru dongker.

Baca juga: 8 Teknologi Penting yang Lahir Semasa Hidup Ratu Elizabeth II

Ikon Ratu Elizabeth II di Google MapsMetro.uk Ikon Ratu Elizabeth II di Google Maps

Tidak diketahui pasti sejak kapan Google Maps mengganti ikon PegMa'am untuk penelusuran lokasi di sekitar Kerajaan Inggris dengan mode Street View. Belum diketahui juga apakah Google akan menelurkan ikon serupa untuk Raja Charles III atau tidak.

Google memang beberapa kali membuat ikon PegMan khusus untuk beberapa lokasi. Misalnya, pencarian Street View di stadion Wimbledon pernah muncul ikon PegMan berwujud pemain tennis. Lalu penelusuran di Whistler Blackcomb Mountain juga pernah memunculkan ikon PegMan berwujud pemain ski.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Mirror
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com