Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wacom Cintiq Pro 27 Meluncur, Punya Stand dan Stylus Baru

Kompas.com - 03/10/2022, 11:30 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Wacom meluncurkan tablet grafis baru, Cintiq Pro 27, yang kini hadir dengan desain yang menyerupai komputer all-in-one (AIO).

Karena ditujukan untuk desainer profesional, Wacom Cintiq Pro 27 didesain agar bisa disesuaikan berkat modul penyangganya (stand) yang fleksibel dan mendukung rotasi sampai 20 derajat. Tabletnya sendiri bisa dilepas pasang dari penyangganya bila diperlukan.

Layar utamanya memiliki bentang 27 inci, lebih luas dibanding Cintiq Pro 24 yang berlayar 24 inci. Meski demikian, desain Cintiq Pro 27 lebih ramping dan ringkas berkat bezelnya yang tipis.

Baca juga: Pasar PC dan Tablet Diprediksi Makin Lesu, Inflasi Penyebabnya

Bahkan bobotnya juga hampir sama dengan Cintiq Pro 24 (7,1 kilogram), karena bobot Cintiq Pro 27 sekitar 7,2 kilogram.

Layarnya sendiri sudah didukung resolusi 4K (3840 x 2160), rasio kontras 1000:1, kecerahan puncak 400 nit, refresh rate 120 Hz hingga respons time 10 ms guna menunjang gerakan stylus yang mulus dan latensi yang rendah.

Selain itu, Wacom Cintiq Pro 27 mendukung cakupan Adobe RGB 99 persen dan DCI-P3 98 persen.

Tablet menggambar ini juga dilengkapi dengan total delapan tombol custom di bagian punggungnya untuk mengatur posisi perangkat atau mengatur hal lainnya.

Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi dengan komponen penyangga tangan yang ergonomis, berdampingan dengan sejumlah tombol tadi. Jadi pengoperasiannya akan lebih mudah, baik untuk menjangkau tombol atau menavigasi posisi perangkat.

Wacom Cintiq Pro 27Wacom Wacom Cintiq Pro 27

Selain tombol, Wacom Cintiq Pro 27 juga dilengkapi dengan serangkaian port, mulai dari port pengisi daya, port HDMI 2.1, MiniDisplayPort, dua port USB-C, dan port USB-A yang diposisikan di belakang perangkat.

Baca juga: Stylus di Tablet Tidak Cuma untuk Menggambar

Pengoperasian Cintiq Pro 27 dapat dilakukan menggunakan pena digital Pro Pen 3 yang sekaligus dikenalkan Wacom bersamaan dengan tablet gambar itu. Perangkat ini hadir dengan tiga tombol utama yang dapat disesuaikan fungsinya (custom).

Selain tombolnya, ketebalan pena, bobot hingga keseimbangannya bahkan bisa disesuaikan karena Wacom menyertakan beberapa komponen yang dapat dilepas pasang.

Dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (3/10/2022) Pro Pen 3 tidak membutuhkan daya yang perlu diisi ulang. Stylus ini juga diklaim memiliki sensitivitas tekanan level 8.192 serta mampu mengenali kemiringan pena dengan kemampuan yang ditingkatkan.

Pro Pen 3 juga mendukung pengoperasian tablet gambar Wacom lainnya seperti Cintiq Pro dan Intuos Pro.

Harga Wacom Cintiq Pro 27 dan Pro Pen 3

Wacom Cintiq Pro 27 tersedia dalam paket penjualan dengan penyangganya atau tidak. Berikut rincian harganya.

  • Wacom Cintiq Pro 27 - 3.500 dolar AS atau (setara Rp 53,5 juta)
  • Wacom Cintiq Pro 27 dengan stand - 4.000 dolar AS (setara Rp 61,2 juta)
  • Pro Pen 3 - 130 dolar AS (setara Rp 1,9 juta)
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com