Kompas.com - 01/10/2022, 08:00 WIB

KOMPAS.com - Platform microblogging, Twitter mengumumkan fitur baru bernama “Immersive media viewer”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memutar video vertikal (rasio 9:16) yang mirip TikTok dan Instagram Stories.

Sebagai gambaran, fitur ini bisa ditemukan saat pengguna melihat video di laman Explore. Ketika video tersebut disentuh, maka video akan muncul satu layar penuh. Bila ingin beralih ke konten video lainnya, pengguna tinggal menggulir layar ke atas (swipe up).

Fitur ini baru akan digulirkan untuk pengguna iOS dalam beberapa hari ke depan, dan diutamakan bagi mereka yang menggunakan setelan bahasa Inggris di Twitter.

Baca juga: YouTube Shorts Rilis Fitur Voiceover, Serupa TikTok

Ilustrasi fitur baru TwitterTwitter Ilustrasi fitur baru Twitter

Dalam pengumuman di blog resmi Twitter, Sabtu (1/10/2022), Twitter juga mengumumkan kolom khusus "Videos for you" di laman/tab Explore.

Baca juga: Tombol Edit Twitter Mulai Digulirkan ke Sejumlah Pengguna Berbayar

Kolom tersebut bakal menampilkan sejumlah konten video yang paling populer dan dianggap menarik bagi pengguna.

Nah, berbeda dengan video imersif di atas, penambahan kolom “Videos for you” tersebut bakal digulirkan ke seluruh pengguna iOS ataupun Android di negara tertentu saja, dan bagi mereka yang menggunakan setting bahasa Inggris di Twitter,

Keputusan Twitter menggelontorkan fitur baru video ini membawa perubahan yang cukup besar bagi Twitter. Bila selama ini Twitter memiliki ciri khas konten berbasis teks, maka seolah beralih fokus pada konten video.

Selain Twitter, platform lain juga mengikuti tren video vertikal dari TikTok. Sebut saja Instagram Reels yang bahkan meniru sistem algoritma dari TikTok, hingga YouTube yang memiliki fitur “Shorts”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.