Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Twitter Rilis Fitur Video Vertikal Serupa TikTok

Kompas.com - 01/10/2022, 08:00 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Platform microblogging, Twitter mengumumkan fitur baru bernama “Immersive media viewer”. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memutar video vertikal (rasio 9:16) yang mirip TikTok dan Instagram Stories.

Sebagai gambaran, fitur ini bisa ditemukan saat pengguna melihat video di laman Explore. Ketika video tersebut disentuh, maka video akan muncul satu layar penuh. Bila ingin beralih ke konten video lainnya, pengguna tinggal menggulir layar ke atas (swipe up).

Fitur ini baru akan digulirkan untuk pengguna iOS dalam beberapa hari ke depan, dan diutamakan bagi mereka yang menggunakan setelan bahasa Inggris di Twitter.

Baca juga: YouTube Shorts Rilis Fitur Voiceover, Serupa TikTok

Ilustrasi fitur baru TwitterTwitter Ilustrasi fitur baru Twitter

Dalam pengumuman di blog resmi Twitter, Sabtu (1/10/2022), Twitter juga mengumumkan kolom khusus "Videos for you" di laman/tab Explore.

Baca juga: Tombol Edit Twitter Mulai Digulirkan ke Sejumlah Pengguna Berbayar

Kolom tersebut bakal menampilkan sejumlah konten video yang paling populer dan dianggap menarik bagi pengguna.

Nah, berbeda dengan video imersif di atas, penambahan kolom “Videos for you” tersebut bakal digulirkan ke seluruh pengguna iOS ataupun Android di negara tertentu saja, dan bagi mereka yang menggunakan setting bahasa Inggris di Twitter,

Keputusan Twitter menggelontorkan fitur baru video ini membawa perubahan yang cukup besar bagi Twitter. Bila selama ini Twitter memiliki ciri khas konten berbasis teks, maka seolah beralih fokus pada konten video.

Selain Twitter, platform lain juga mengikuti tren video vertikal dari TikTok. Sebut saja Instagram Reels yang bahkan meniru sistem algoritma dari TikTok, hingga YouTube yang memiliki fitur “Shorts”.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com