Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2 Link Kalkulator Kesehatan Mental Online yang Tengah Ramai di TikTok

Kompas.com - 12/10/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Di media sosial, seperti TikTok, beberapa waktu belakangan ramai dengan unggahan yang memuat konten mengenai layanan kalkulator kesehatan mental. Keramaian ini berselang setelah peringatan hari Kesehatan Mental Dunia pada Senin lalu (10/10/2022).

Dari beberapa unggahan yang beredar, tampak pengguna membagikan hasil tes online dari kondisi mental health atau kesehatan mentalnya. Tes kesehatan mental online itu dapat diakses melalui situs web “Laluibersama.com”.

Baca juga: 4 Website dan Aplikasi buat Pantau Banjir Jakarta secara Online

Untuk diketahui, website “Laluibersama.com” sendiri menyediakan layanan untuk menghitung kondisi mental health seseorang (kalkulator kesehatan mental). Perhitungan itu dihasilkan dari jawaban-jawaban pengguna atas beberapa pertanyaan.

Setelah semua pertanyaan terjawab, website bakal menghasilkan nilai kecenderungan kondisi mental pengguna. Kondisi tersebut dibagi menjadi tiga kategori gangguan mental, yakni depresi, cemas, dan stres.

Selain website “Laluibersama.com”, berdasar penelusuran KompasTekno, ada pula website “Mhanational.org”, yang turut memiliki layanan kalkulator kesehatan mental. Bila hendak mencoba, lalu bagaimana cara cek kesehatan online lewat dua website itu?

Penjelasan yang lebih lengkap soal dua link kalkulator kesehatan mental online dari website “Laluibersama.com” dan “Mhanational.org”, serta cara ceknya, bisa dilihat di bawah ini.

2 link kalkulator kesehatan mental online

1. Cara cek kesehatan mental online via “Laluibersama.com”

Website “Laluibersama.com” dikembangkan oleh Airlangga Research Group for Translational Medicine and Therapeutics dari Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga. Untuk melakukan tes kesehatan mental online lewat website ini, begini caranya:

  • Kunjungi link kalkulator kesehatan mental ini https://laluibersama.com/.
  • Selanjutnya, klik menu “Kalkulator Kesehatan Mental” dan bakal muncul formulir yang berisi 21 pertanyaan untuk memeriksa kondisi kesehatan mental.
  • Jawab seluruh pertanyaan yang tersedia tersebut.
  • Setelah menjawabnya, klik opsi “Periksa”.
  • Terakhir, website “Laluibersama.com” bakal membaca jawaban tersebut dan menyajikan penilaian atas kondisi kesehatan mental.

Ilustrasi cara cek kesehatan mental secara online via situs web Laluibersama.com.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara cek kesehatan mental secara online via situs web Laluibersama.com.

2. Cara cek kesehatan mental online via “Mhanational.org”

Website “Mhanational.org” dikembangkan oleh Mental Health America, lembaga non-profit asal Amerika Serikat yang bergerak untuk mempromosikan kepedulian terhadap masalah kesehatan mental.

Di “Mhanational.org”, terdapat beberapa jenis tes yang dibagi berdasar jenis gangguan mental, seperti tes depresi, tes kecemasan, tes gangguan makan, tes bipolar, dan sebagainya. Untuk mulai tes kesehatan mental online di website ini, begini caranya:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.