Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Download dan Membuat Sendiri Widget iPhone Keren dengan Mudah

Kompas.com - 14/10/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Sejak iOS 14 rilis dua tahun lalu, iPhone punya koleksi widget atau jendela mini aplikasi bawaan yang bisa dipasang pengguna di layar “Home”. Beberapa koleksi widget iPhone yang tersedia, antara lain seperti widget jam, widget baterai, dan lainnya.

Di iPhone, widget-widget tersebut tersedia dalam beberapa pilihan bentuk, mulai persegi berukuran kecil, persegi berukuran besar, dan persegi panjang. Kendati disediakan berbagai pilihan bentuk, namun pengguna tak bisa membuat desain widget sendiri.

Baca juga: Daftar Harga iPhone Terbaru Oktober 2022: iPhone 11, iPhone 12, iPhone 13, dan iPhone SE 3

Bagi sebagian pengguna, desain widget iPhone bawaan itu mungkin tampak membosankan. Bila bosan dengan desain default, pengguna sebetulnya bisa membuat widget iPhone sendiri yang lebih keren. Lantas, bagaimana cara membuat widget di iPhone?

Membuat widget iPhone secara personal bisa dilakukan dengan memanfaatkan beberapa aplikasi pihak ketiga yang tersedia di App Store, salah satunya seperti Top Widget. Aplikasi ini memiliki berbagai pilihan desain widget iPhone keren yang dapat dikustomisasi.

Setelah membuat widget, pengguna bisa mengunduhnya (download) dan dipasang di layar iPhone. Sudah penasaran dengan cara membuat widget iPhone keren dengan aplikasi ini? Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Cara membuat widget iPhone keren via Top Widget

Membuat dan download widget iPhone

  • Unduh dulu aplikasi Top Widget di App Store. Setelah terinstal, silakan buka aplikasi tersebut.
  • Pada halaman awal aplikasi, pilih desain widget yang ingin digunakan. Misalnya, widget panel informasi umum mengenai iPhone.
  • Setelah dipilih, bakal muncul halaman pengaturan desain widget.
  • Di halaman itu, terdapat pilihan untuk mengubah warna dan gambar latar (background) widget.
  • Bila telah selesai membuat, silakan download widget iPhone tersebut dengan klik opsi “Save”.

Ilustrasi cara membuat widget iPhone keren lewat Top Widget.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat widget iPhone keren lewat Top Widget.

Menambah widget di iPhone

  • Untuk menambahkan widget yang telah dibuat ke layar "home", caranya ketuk dan tahan layar “Home” hingga ikon-ikon aplikasi bergetar.
  • Setelah itu, klik ikon tambah yang berada di pojok kiri atas layar “home”.
  • Kemudian, cari dan pilih widgetaplikasi Top Widget.
    Ilustrasi cara menambahkan widget iPhone keren di layar home dari Top Widget.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambahkan widget iPhone keren di layar home dari Top Widget.
  • Saat widget aplikasi Top Widget telah ditambahkan ke layar “home”, ketuk dan tahan jendelanya hingga muncul menu pengaturan.
  • Di menu tersebut, pilih opsi “Edit Widget”.
  • Lalu, tambahkan widget yang telah diunduh sebelumnya di Top Widget.
  • Kini, widget iPhone keren berhasil dipasang di layar “home”.

Ilustrasi cara menambahkan widget iPhone keren di layar home dari Top Widget.KOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara menambahkan widget iPhone keren di layar home dari Top Widget.

Baca juga: iPhone 14 Ramai Ditawarkan di Indonesia, Harga Mulai Rp 18 Juta-Rp 38 Jutaan

Cukup mudah bukan untuk download widget iPhone buatan sendiri dan memasangnya di layar “home”? Sebagai informasi tambahan, cara di atas dilakukan pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 16.

Beda versi iOS mungkin bakal beda pula cara dan letak opsinya. Demikianlah penjelasan seputar cara membuat widget iPhone keren melalui aplikasi Top Widget dengan mudah, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.