Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WhatsApp Error, Pengguna Keluhkan WA Down Hari Ini

Kompas.com - 25/10/2022, 14:20 WIB

Update: Layanan WhatsApp bagi pengguna di Indonesia berangsur pulih mulai pukul 15:51 WIB

KOMPAS.com
- Layanan pesan instan WhatsApp (WA) dilaporkan mengalami gangguan (down) pada Selasa (25/10/2022) siang. Berdasarkan pantauan KompasTekno, WhatsApp down terjadi sekitar pukul 14.10 WIB, baik untuk percakapan personal maupun grup.

Situs navigasi platform Down Detector menunjukkan laporan WhatsApp error meningkat pada pukul 13.56 sebanyak 299 laporan. WhatsApp gangguan hari ini tampaknya terjadi secara global.

Pantauan KompasTekno di situs Downdetector, selain di Indonesia, WhatsApp down juga terjadi di Amerika Serikat (AS), Kanada, sebagian Eropa seperti di Italia, Inggris, serta di Asia seperti India, Malaysia, Jepang, dan Filipina.

Baca juga: Ketika Sistem Internal Facebook Juga Bermasalah Saat FB, IG, dan WA Down

Pengguna WhatsApp tidak bisa mengirim pesan baik teks atau media lewat WhatsApp di grup percakapan (WhatsApp Group) maupun chat pribadi (jalur pribadi/japri). Ketika mengirim pesan, hanya muncul ikon jam, menandakan pesan tertunda "pending".

Beberapa pengguna lain menyebut masih bisa mengirim pesan personal, tetapi notifikasi yang ditampilkan berupa centang satu.

Baca juga: Selain Muncul Lingkaran Hijau di Foto Profil WhatsApp, Ada Pula yang Warna Biru, Apa Bedanya?

Tidak hanya WhatsApp versi mobile, WhatsApp desktop dan WA web juga mengalami gangguan.

Hingga berita ini ditayangkan, WhatsApp down masih berlangsung. Sejumlah pengguna mengeluhkan WhatsApp down di Twitter pada Selasa siang ini.

 

 

 

Pihak Meta selaku induk WhatsApp, melalui pernyataannya, mengakui layanan WhatsApp down. Meski demikian, Meta tidak menjelaskan apa penyebab WhatsApp down atau WhatsApp error hari ini.

Dalam sebuah pernyataan kepada Tech Crunch, juru bicara Meta mengatakan, “Kami menyadari bahwa beberapa orang saat ini mengalami masalah dalam mengirim pesan dan kami sedang berupaya memulihkan WhatsApp untuk semua orang secepat mungkin.”

Baca juga: Penyebab WhatsApp Error dan Dampaknya bagi Pengguna di Seluruh Dunia

Ini adalah pemadaman besar WhatsApp yang pertama sejak layanan itu down besar-besaran tahun lalu, yang juga berimbas pada layanan Instagram, Messenger, Oculus, dan Facebook tahun lalu.

Saat itu, WhatsApp down memakan waktu hampir enam jam sebelum akhirnya WhatsApp kembali online.

Meta, yang dikenal sebagai Facebook pada saat itu, mengatakan bahwa pemadaman besar-besaran disebabkan oleh perubahan konfigurasi pada routernya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.