Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Fitur Baru iOS 16.1, Termasuk Bisa Tampilkan Persentase Baterai dalam Bar di Semua iPhone

Kompas.com - 25/10/2022, 12:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Apple resmi rilis iOS 16.1 pada hari ini, Selasa (25/10/2022). Lantas, apa saja fitur iOS 16.1? Secara umum, terdapat beberapa fitur yang sudah diumumkan di iOS 16, tapi baru keluar di iOS 16.1.

Misalnya, fitur Shared Photo Library (berbagi galeri foto). Kemudian, fitur iOS 16.1 juga tak jauh beda dengan versi awalnya iOS 16, hanya terdapat pengembangan, salah satunya seperti pada fitur untuk menampilkan status persentase baterai dalam bar.

Baca juga: Perbandingan Harga iPhone 14 dan iPhone 13 di Indonesia, Selisih hingga Rp 3 Juta

Di iOS 16.1, fitur tersebut kini tersedia untuk semua iPhone. Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah penjelasan soal daftar fitur iOS 16.1 terbaru.

Daftar iOS 16.1 terbaru

1. Status persentase baterai dalam bar di semua iPhone

Tampilan persentase baterai iPhone yang muncul langsung dalam bar daya di iOS 16.KOMPAS.com/Zulfikar Tampilan persentase baterai iPhone yang muncul langsung dalam bar daya di iOS 16.

Di iOS 16, status persentase baterai dalam bar seperti gambar di atas tidak bisa diakses di semua iPhone. Terdapat beberapa model iPhone yang sebetulnya mendukung iOS 16, tapi tidak bisa mengakses fitur itu.

Adapun model-model iPhone itu adalah iPhone‌ XR, iPhone‌ 11, iPhone 12 mini, dan iPhone 13 mini. Kini, lewat iOS 16.1, semua iPhone tersebut akhirnya dapat menjumpai opsi untuk menampilkan status persentase baterai dalam bar.

Di iOS 16.1, status persentase baterai dalam bar itu memiliki tampilan yang lebih dinamis. Pengguna kini juga bisa melihat tampilan level baterai dalam bar, tidak cuma persentasenya saja seperti pada iOS 16.

2. Berbagi galeri foto (Shared Photo Library)

Sebagaimana sempat disinggung di awal, fitur berbagi galeri foto atau Shared Photo Library telah diumumkan di iOS 16, tapi baru hadir di iOS 16.1. Lewat fitur ini, pengguna bisa membuat galeri foto yang terpisah dari miliknya pribadi.

Lalu, galeri tersebut dapat dibagikan ke pengguna lain via iCloud. Tiap anggota yang memiliki akses terhadap galeri itu dapat mengelolanya secara bersama, seperti menambahkan, mengedit, dan menghapus foto.

3. Live Activities

Ilustrasi fitur Live Activities yang baru hadir di iOS 16.1 untuk menampilkan notifikasi aktivitas aplikasi yang tengah berjalan secara real-time.Apple Ilustrasi fitur Live Activities yang baru hadir di iOS 16.1 untuk menampilkan notifikasi aktivitas aplikasi yang tengah berjalan secara real-time.

Sama halnya Shared Photo Library, fitur Live Activities juga sejatinya telah diumumkan sejak iOS 16 hadir, tapi baru digelontorkan pada iOS 16.1. Fitur ini berupa notifikasi yang dapat menampilkan informasi aktivitas aplikasi yang sedang berjalan secara real-time.

Informasi real-time tersebut bakal muncul di layar kunci dan poni Dynamic Island pada model iPhone 14 Pro series. Dengan Live Activities, pengguna misalnya bisa melihat proses perkembangan pesanan makanan di sebuah aplikasi, seperti tertera pada gambar di atas.

Baca juga: Resmi, Ini Harga iPhone 14, iPhone 14 Plus, iPhone 14 Pro, dan iPhone 14 Pro Max di Indonesia

4. Opsi tambahkan templat wallpaper di pengaturan perangkat

Di iOS 16, pengguna bisa memiliki beberapa tempat wallpaper sekaligus melalui halaman pengaturan wallpaper yang diakses melalui layar “home”. Kini, di iOS 16.1, opsi tambahkan templat wallpaper juga bisa diakses melalui menu pengaturan perangkat.

5. Clean Energy Charging

Ilustrasi fitur Clean Energy Charging di iOS 16.1.apple.com Ilustrasi fitur Clean Energy Charging di iOS 16.1.

Selain pengembangan fitur, iOS 16.1 membawa pula fitur baru, misalnya Clean Energy Charging. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengisi daya iPhone dengan menggunakan listrik yang memiliki emisi karbon rendah saat tersedia.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com