Kompas.com - 08/11/2022, 10:31 WIB
Penulis Bill Clinten
|

KOMPAS.com - Pada 5 November 2007 lalu, Google bersama T-Mobile, HTC, Qualcomm, Motorola, dan hampir 30 perusahaan lainnya mengumumkan pengembangan Android.

Dari kerja sama tersebut, lahirlah T-Mobile G1 atau HTC Dream yang merupakan perangkat Android pertama di pasar. Perangkat tersebut dirilis pada September 2008.

Apabila mengacu pada tanggal pengumuman pengembangan, maka Android saat ini sudah berusia 15 tahun.

Saat pertama kali pengembangan Android diumumkan, Google harus meyakinkan pengguna terkait OS anyarnya itu.

Terlebih, OS Android diumumkan pada tahun yang sama dengan sistem operasi bikinan Apple, iOS. iOS sendiri pertama kali diumumkan pada pertengahan 2007.

Kala itu, Google tampaknya ingin menjelaskan kepada publik bahwa OS Android berbeda dengan iOS.

Baca juga: Perintah Google ke Vendor HP Android Berbuah Denda Rp 2,5 Triliun

Sebab, Android merupakan sistem operasi terbuka. Pengembangan OS ini melibatkan puluhan perusahaan yang berkaitan satu sama lain, berbeda dengan Apple yang membuat iOS untuk ekosistem atau perangkatnya sendiri.

"Melalui kemitraan yang mendalam dengan para penyedia layanan, pembuat perangkat, pengembang, dan perusahaan lainnya, kami berharap dapat mewujudkan standar OS terbuka untuk industri telepon seluler," kata Google kala itu, dikutip KompasTekno dari Gizchina, Selasa (8/11/2022).

"Jika hal itu terwujud, OS kami tentunya bisa menghasilkan inovasi yang bisa mempermudah kehidupan pengguna sehari-hari," imbuh Google.

Ilustrasi OneUI 5.0 Android 13.SamMobile Ilustrasi OneUI 5.0 Android 13.
Upaya Google mengembangkan OS Android tampaknya tidak sia-sia. Kini, Android sudah semakin dewasa dan sudah hadir di tengah pengguna selama kurang lebih 15 tahun.

Halaman:
Sumber GizChina


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.