Kompas.com - 09/11/2022, 17:56 WIB

KOMPAS.com - CEO Tesla Elon Musk lagi-lagi melepas saham perusahaan mobil listrik miliknya. Kali ini, Musk dilaporkan menjual sebanyak 19,5 juta lembar saham Tesla. Apabila diuangkan, jumlahnya setara dengan 3,95 miliar dollar AS atau sekitar Rp 61,6 triliun.

Berdasarkan dokumen pengajuan ke Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC), Musk menjual saham Tesla pada tanggal 4 dan 8 November 2022.

Artinya, Musk menjual saham Tesla hanya beberapa hari setelah dirinya resmi menutup akuisisi Twitter senilai senilai 44 miliar dollar AS (sekitar Rp 634 triliun) pada Kamis (27/10/2022) waktu AS.

Musk menjual 19,5 juta lembar saham tersebut di saat harga saham Tesla tengah melemah. Sebagai gambaran, harga saham Tesla pada 4 November tercatat di angka sekitar 207,47 dollar AS (sekitar Rp 3,2 juta) per lembar.

Baca juga: Drama Twitter Setelah Elon Musk Berkuasa, PHK Massal hingga Makin Cari Cuan

Pada 8 November, saham Tesla diperdagangkan di angka sekitar 191,3 dollar AS atau setara Rp 2,9 juta, turun 52 persen dibanding hari sebelumnya.

Padahal pada Agustus lalu, harga saham Musk masih lebih tinggi. Sehingga ketika itu, Musk masih bisa menjual lebih sedikit saham Tesla, namun dengan nilai yang lebih besar.

Tepatnya pada tanggal 5,8, dan 9 Agustus 2022, Elon Musk menjual saham sebanyak 7,92 juta lembar saham Tesla. Ketika itu, saham tersebut bernilai setara dengan 6,88 miliar dollar AS atau sekitar Rp 101,7 triliun.

Hal itu dimungkinkan, karena ketika itu saham Tesla masih di perdagangkan di atas angka 280 dollar AS atau sekitar Rp 4,3 juta.

Pada April lalu, setelah mengumumkan niatnya untuk mengakuisisi Twitter, Elon Musk juga melepas saham Tesla hampir 4 miliar dolar AS sahamnya di Tesla atau sekitar Rp 58 triliun.

Menurut laporan outlet media Reuters, bila ditotal, Elon Musk telah menjual saham Tesla bernilai 20 miliar dollar AS atau setara Rp 312,7 triliun selama periode April hingga November 2022 ini.

Baca juga: Dua Petinggi Twitter Resign Sehari Setelah Elon Musk Memimpin

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.