Kompas.com - 22/11/2022, 07:30 WIB

KOMPAS.com - Gempa bumi dengan magnitudo (M) 5,6 mengguncang kota Cianjur, Jawa Barat dan sekitarnya pada Senin (21/11/2022) sekitar pukul 13.20 WIB. Akibatnya, beberapa infrastruktur telekomunikasi yang ada di kawasan tersebut mengalami gangguan.

Plt. Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Ismail menyatakan gangguan tersebut terjadi akibat pasokan listrik ke sejumlah  site Base Transceiver Station (BTS) terputus.

Untuk mengatasi gangguan tersebut, Kominfo bersama operator seluler yang terdampak melakukan mitigasi demi melakukan pemulihan layanan supaya bisa digunakan kembali oleh masyarakat.

“Kominfo sudah memonitor kondisi layanan seluler dan meminta operator seluler untuk menyiapkan supply power cadangan dengan mobile backup power (MBP) dan genset portable,” kata Ismail dalam siaran resmi Kominfo, sebagaimana dikutip KompasTekno, Selasa (22/11/2022).

Baca juga: Gempa Cianjur, Telkomsel Pulihkan Sinyal dengan Genset

Untuk saat ini, Ismail mengatakan bahwa per Senin pukul 18.30 WIB, beberapa operator seluler telah melakukan sejumlah pemulihan untuk mengamankan layanan telekomunikasi di Cianjur dan sekitarnya..

Rinciannya, Telkomsel sudah melakukan pemulihan terhadap 118 site BTS yang mengalami gangguan pasokan listrik.

Kemudian Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) tengah memulihkan 10 site BTS terdampak di Sukabumi dan 81 site BTS di Cianjur.

XL Axiata, lanjut Ismail, disebut telah memulihkan 63 site BTS yang mengalami gangguan, begitu juga Smartfren yang tengah melakukan pemulihan terhadap sekitar 12 site BTS.

“Secara umum layanan jaringan telekomunikasi seluler masih cukup aman dengan pasokan listrik genset. Kami dan operator seluler berupaya untuk menjaga kapasitas dan kualitas layanan telekomunikasi terbaik kepada masyarakat,” imbuh Ismail.

Jaringan Telkom aman

Selain layanan milik operator seluler, Ismail juga mengatakan bahwa layanan telekomunikasi milik PT Telkom Indonesia juga ikut terkena dampak gempa bumi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.