Kompas.com - 22/11/2022, 12:03 WIB

KOMPAS.com - Selama ini, Apple menjadi vendor gadget yang vokal terhadap keamanan dan privasi data penggunanya.

Salah satu langkah menjaga privasi pengguna adalah Apple mengaku tidak mengidentifikasi pengguna secara pribadi meski pihaknya melakukan pengumpulan informasi dari perangkat pengguna.

Artinya, data akan dikumpulkan secara anonim, sehingga sejatinya Apple tak bisa melacak pengguna secara pribadi. Namun belakangan Apple diduga menyertakan pengidentifikasi (identifier) ketika mengumpulkan data pengguna iCloud.

Hal ini terungkap dari hasil hasil analisis dua peneliti keamanan dari perusahaan software Mysk, Tommy Mysk dan Talal Haj Bakry.

Menurut peneliti, fitur analitik perangkat Apple (iPhone Analytics) menyertakan ID yang disebut "DSID", yang merupakan singkatan dari Directory Services Identifier.

Baca juga: 5 Produk Apple yang Tamat Riwayatnya Tahun Ini

Hasil analisis menemukan bahwa pengidentifikasi DSID tersebut bersifat unik untuk setiap akun iCloud. Alhasil, pengidentifikasi tersebut bisa dikaitkan langsung ke pengguna tertentu secara spesifik, termasuk nama, tanggal lahir, alamat e-mail, dan informasi terkait yang disimpan di iCloud.

Dengan kata lain, DSID tersebut bisa menghubungkan informasi tentang bagaimana perangkat digunakan, kinerjanya, fiturnya, dan lainnya, langsung ke pengguna tertentu. Padahal, di sisi lain Apple mengeklaim sebaliknya.

Dalam laman Legal di situs resminya, Apple menyatakan bahwa fitur iPhone Analytics dapat mencakup perincian tentang spesifikasi perangkat keras dan sistem operasi, statistik kinerja, dan data tentang cara pengguna menggunakan perangkat dan aplikasi.

"Tak satu pun dari informasi yang dikumpulkan mengidentifikasi Anda secara pribadi," tulis Apple.

Pernyataan ini tak sesuai dengan hasil analisis Mysk dan Bakry tadi, di mana ada identifier DSID yang bisa mengidentifikasi pengguna iCloud secara pribadi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari MacRumors, Selasa (22/11/2022).

Halaman:
Sumber MacRumors


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.