Kompas.com - 22/11/2022, 15:59 WIB

KOMPAS.com - Ponsel bisa menjadi gangguan tersendiri apabila kita sedang menyetir mobil. Apalagi jika ada pesan atau notifikasi penting, fokus kita otomatis juga bakalan ikut terganggu dan bisa membahayakan kegiatan menyetir mobil.

Untuk memberantas gangguan tersebut, berbagai ponsel Oppo di Indonesia yang sudah menjalankan sistem antarmuka (UI) ColorOS 12 ke atas, salah satunya Reno 8 4G, sudah dibekali dengan fitur Smart Driving.

Seperti namanya, fitur ini memungkinkan pengguna untuk memblokir notifikasi, pesan, telepon masuk, dan lain sebagainya ketika kita sedang menyetir mobil. Sehingga, fokus kita akan tetap terjaga tanpa adanya gangguan dari smartphone.

Baca juga: Mudah, Ini Cara Mematikan HP Oppo Reno 8

Cara mengaktifkan fitur Smart Driving

Cara mengaktifkan fitur Smart Driving bisa disimak dalam langkah berikut ini:

Cara mengaktifkan dan mengatur fitur Smart Driving di ponsel Oppo Reno 8 4G.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan dan mengatur fitur Smart Driving di ponsel Oppo Reno 8 4G.

  • Pertama-tama, buka menu pengaturan pada Oppo Reno 8 4G yang Anda miliki dan pilih menu "Smart services", sebagaimana ilustrasi gambar di atas.
  • Lalu, pilih menu "Smart Driving".
  • Di tampilan selanjutnya, aktifkan toggle "Smart Driving" hingga warnanya berubah menjadi warna hijau.
  • Selesai, fitur Smart Driving sudah aktif dan pengguna tak akan lagi diganggu ketika mereka sedang menyetir mobil.

Untuk mengelola fitur dan pengaturan Smart Driving lebih lanjut, pengguna bisa mengunjungi menu "Do Not Disturb while driving" di tampilan Smart Driving.

Dalam menu tersebut, pengguna bisa mengatur apa saja yang boleh diblokir oleh ponsel ketika kita menyetir mobil.

Baca juga: Beda Spesifikasi Oppo Reno 8 5G dan Reno 8 4G, Selisih Harga Rp 3 Juta

Beberapa di antaranya yang bisa diblokir mencakup panggilan telepon, mengaktifkan loudspeaker ketika menelepon, menolak atau otomatis merespon pesan yang masuk, memblokir notifikasi dari aplikasi, dan lain sebagainya.

Menariknya, fitur Smart Driving ini bisa aktif secara otomatis apabila sistem mendeteksi bahwa ponsel sedang terhubung dengan sistem audio di dalam mobil via Bluetooth.

Supaya bisa aktif otomatis seperti itu, pengguna bisa mengaktifkan opsi atau toggle "Smart Driving On When Bluetooth Car Kit is Connected" yang ada di laman pengaturan Smart Driving.

Fitur Riding Mode di Oppo Reno 8 4G

Cara mengaktifkan fitur Riding Mode di ponsel Oppo.KOMPAS.com/Bill Clinten Cara mengaktifkan fitur Riding Mode di ponsel Oppo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.