Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendiri Perusahaan Kripto Amber Group Ditemukan Meninggal Saat Tidur

Kompas.com - 30/11/2022, 09:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Industri pasar keuangan dikejutkan dengan kabar meninggalnya Tiantian Kullander, bos perusahaan kripto Amber Group. Kullander wafat pada usia 30 tahun. Ia ditemukan meninggal saat tidur pada 23 November lalu.

“Dengan kesedihan terdalam dan berat hati, kami menginformasikan meninggalnya teman dan salah satu pendiri kami, Tiantian Kullander. Ia meninggal secara mendadak dalam tidurnya pada 23 November 2022,” tulis Amber Group dalam sebuah pernyataan.

Belum diungkap penyebab "bos muda" itu meninggal dunia. Amber Group menggambarkan Tiantian Kullander sebagai pilar kesuksesan perusahaan yang bernilai 3 miliar dollar AS atau setara Rp 47,2 triliun itu.

Bagi perusahaan yang didirikannya pada 2017 silam itu, Kullander dikenang sebagai sosok pemimpin yang memberikan contoh dengan kecerdasan, kemurahan hati, kerendahan hati, ketekunan, dan kreativitasnya.

Baca juga: Ada Uang dari Bos Kripto di Balik Akuisisi Twitter oleh Elon Musk

Sebelum mendirikan Amber Group, lebih dulu aktif sebagai trader di perusahaan keuangan raksasa Morgan Stanley dan Goldman Sachs.

Sebagai trader, Kullander memiliki julukan "TT". Kesuksesannya menjadi trader, membuat Kullander berhasil masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Asia - Finance & Venture Capital tahun 2019.

Pada 2017, Kullander mulai merintis Amber Group bersama sekelompok rekan yang aktif di bidang keuangan, termasuk mantan pekerja Goldman Sachs Group dan Morgan Stanley.

Kullander dan para pendiri Amber Group awalnya berusaha menerapkan pembelajaran mesin untuk perdagangan kuantitatif. Namun, beralih ke pasar kripto pada tahun 2019 ketika volume perdagangan untuk mata uang kripto meningkat.

Baru-baru ini, Amber Group disebut memiliki valuasi 3 miliar dollar AS, setelah menerima putaran pendanaan sebesar 200 juta dollar AS.

Baca juga: Pig Butchering, Modus Penipuan Investasi Kripto Mirip “Tinder Swindler di Netflix

Laporan lain mengatakan bahwa Amber Group sedang dalam upaya untuk mengumpulkan pendanaan lanjutan sebesar 100 juta dollar AS awal bulan ini.

Amber Group kini memiliki lebih dari 300 karyawan yang tersebar di Hong Kong, Taipei, Seoul, dan Vancouver, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Independent, Rabu (30/11/2022).

Sepeninggalan Tiantian Kullander, Amber Group berjanji akan bekerja lebih keras untuk menjadikan Amber sebagai pemimpin industri. Karena, itulah ambisi dan impian "TT".

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com