Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Duduk Perkara iPhone Ex-inter Kena Blokir, Cuma Bisa Pakai Smartfren atau "Unlock IMEI"

Kompas.com - Diperbarui 30/11/2022, 16:18 WIB
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Penulis

KOMPAS.com - Sejumlah pengguna iPhone di Indonesia mengeluh ponsel mereka mendadak hilang sinyal alias "no service". Sebagian dari pengguna yang mengalami kendala hilang sinyal adalah pemilik iPhone ex-inter atau iPhone bekas dari luar negeri yang masuk ke Indonesia. Lantas, apa yang sebenarnya terjadi?

Ada dugaan bahwa penyebab iPhone ex-inter hilang sinyal lantaran nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI) perangkat tidak terdaftar di database Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Sesuai Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2020, perangkat telekomunikasi, termasuk iPhone, yang IMEI-nya tak terdaftar di database pemerintah bakal mendapat pembatasan akses jaringan seluler dari operator.

Salah satu pengguna iPhone ex-inter yang mengalami hilang sinyal adalah Sela. Wanita asal Sleman yang menggunakan iPhone ex-inter model iPhone 11 itu mengatakan bahwa sinyal di ponselnya mendadak hilang ketika tengah bermain game.

“Blokirnya tiba-tiba. Posisi lagi main hape seperti biasa, tiba-tiba jaringannya hilang gitu, loh. No service,” kata Sela kepada KompasTekno.

Baca juga: Pengguna iPhone Ex Inter di Indonesia Keluhkan Kena Blokir

Pengguna iPhone ex-inter lainnya yang bernama Fitri juga mengalami hal yang sama. Pengguna iPhone XR (128) versi ex-inter itu mengalami pemblokiran sinyal pada 12 September 2022.

Kendala yang sama juga dialami pengguna iPhone ex-inter asal Jakarta berinisial GL. GL yang menggunakan iPhone XS Max versi ex-inter mengatakan sinyal mulai hilang setelah tiga bulan ponsel dibeli.

iPhone ex-inter kena IMEI cleansing

Pengamat perangkat Apple dari situs MakeMac, Bagus Hernawan mengatakan bahwa pengguna iPhone di Indonesia, khususnya ex-inter, saat ini masih banyak yang terdampak "IMEI Cleansing" atau pemutihan IMEI.

Mulanya, pengguna iPhone ex-inter tidak akan mengalami kendala apapun, termasuk soal jaringan operator seluler. Namun, setelah terkena IMEI Cleansing, ada sebagian pengguna yang mengalami hilang sinyal.

"Ketika mereka pertama membeli iPhone ini awalnya memang normal-normal saja dan bisa dipakai kartu SIM operator seluler Indonesia apa saja," jelas Bagus.

Penyataan Bagus diperkuat dengan temuan KompasTekno di salah satu pusat perbelanjaan elektronik di wilayah Jakarta selatan. Salah seorang penjual iPhone bekas mengatakan bahwa banyaknya iPhone ex-inter hilang sinyal disebabkan oleh IMEI Cleansing.

"Ada "IMEI Cleansing" beberapa bulan belakangan, unit-unit yang kami jual ada yang kena, ada yang tidak," kata toko A (nama samaran).

Selain toko A, toko B juga mengatakan hal serupa. Menurutnya, banyak pengguna iPhone ex-inter yang komplain sinyalnya terblokir.

"Sepertinya pemerintah mulai gencar pemutihan IMEI, yang kena yang enggak terdaftar di pemerintah (Kemenperin)," kata toko B (nama samaran).

Baca juga: Blokir IMEI iPhone BM di Indonesia Belum Merata

Tampilan iPhone ex-inter yang tidak bisa mengakses sinyal dengan tulisan No Service.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Tampilan iPhone ex-inter yang tidak bisa mengakses sinyal dengan tulisan No Service.

Hanya bisa pakai kartu Smartfren

Beberapa pengguna iPhone ex-inter mengatakan setelah perangkatnya tidak bisa terkoneksi ke jaringan operator seluler, mereka kemudian menghubungi penjual. Mereka pun disarankan untuk menggunakan kartu provider Smartfren di iPhone ex-inter agar bisa terkoneksi ke jaringan.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com