Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Bikin Spotify Wrapped 2022 buat Lihat Musik yang Sering Diputar Sepanjang Tahun

Kompas.com - 01/12/2022, 10:15 WIB

KOMPAS.com - Spotify Wrapped 2022 resmi digelontorkan ke pengguna terhitung mulai 30 November kemarin. Beberapa pengguna pun kini sudah mulai ramai membagikan Spotify Wrapped 2022 di media sosial.

Untuk diketahui, Spotify Wrapped adalah rangkuman atau kilas balik pengalaman pengguna dalam menggunakan aplikasi Spotify sepanjang tahun ini. Spotify rutin memberikan layanan kilas balik tersebut ke pengguna setiap tahun.

Baca juga: Cara Membuat Instafest Spotify, Poster Festival Musik yang Viral di Twitter dan IG

Di Spotify Wrapped 2022, pengguna bisa melihat beberapa rangkuman pengalaman seperti daftar lagu yang sering diputar, daftar artis yang sering didengarkan, dan genre musik yang paling disukai.

Kemudian, ada pula rangkuman total waktu yang dihabiskan pengguna untuk mendengarkan konten di Spotify. Pada Spotify Wrapped 2022, terdapat beberapa fitur rangkuman lain yang baru.

Misalnya, rangkuman kepribadian pengguna berdasar selera musik yang didengarkan di Spotify sepanjang tahun ini. Fitur rangkuman itu di Spotify Wrapped 2022 disebut pula dengan “Your Listening Personality”.

Selain rangkuman kepribadian berdasar selera musik, terdapat juga fitur baru bernama “Audio Day”. Dengan fitur itu, pengguna bisa mendapatkan deskripsi suasana hati saat mendengarkan musik dari pagi hingga sore hari.

Semua rangkuman aktivitas pengguna yang disebutkan di atas bisa diakses di Spotify Wrapped 2022. Tertarik untuk membuat Spotify Wrapped 2022? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah cara membuat Spotify Wrapped 2022.

Cara membuat Spotify Wrapped 2022

  • Buka aplikasi Spotify di ponsel
  • Kemudian, klik menu “Search”.
  • Lalu, cari dan pilih opsi “Spotify Wrapped 2022” atau “Kilas Balik 2022”. Opsi ini bakal muncul di semua akun pengguna, baik akun premium maupun akun gratis.
  • Selanjutnya, tekan opsi “Your Wrapped is Here”.
    Ilustrasi cara membuat Spotify Wrapped 2022.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Spotify Wrapped 2022.
  • Setelah itu, bakal muncul carousel atau kumpulan papan cerita yang memuat rangkuman aktivitas pengguna dalam memakai Spotify seperti tertera di atas.
  • Di carousel itu, pengguna bisa melihat daftar lagu yang sering diputar, arti yang sering didengarkan, genre musik yang disukai, total waktu mendengarkan musik, dan masih banyak lagi.
  • Carousel bergulir disertai dengan lagu-lagu favorit pengguna di Spotify

Ilustrasi cara membuat Spotify Wrapped 2022 untuk lihat daftar lagu, artis, genre yang sering didengarkan sepanjang tahun.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membuat Spotify Wrapped 2022 untuk lihat daftar lagu, artis, genre yang sering didengarkan sepanjang tahun.

Baca juga: Link dan Cara Bikin Spotify Iceberg yang Ramai Dibagikan di Twitter

Cukup mudah bukan cara membuat Spotify Wrapped 2022? Demikianlah penjelasan seputar cara membuat Spotify Wrapped 2022. Lantas, bagaimana cara membagikan Spotify Wrapped 2022 di media sosial? Selengkapnya, simak penjelasan di bawah ini.

Cara membagikan Spotify Wrapped 2022 di media sosial

Tiap rangkuman yang disajikan di carousel Spotify Wrapped 2022 bisa dibagikan ke media sosial dengan cara sebagai berikut:

  • Lihat rangkuman di carousel Spotify Wrapped 2022
  • Tunggu hingga tayangan rangkuman di carousel hendak berakhir
  • Kemudian, ketuk opsi “Share” dan pilih platform media sosial yang hendak dipakai sebagai wadah untuk membagikan Spotify Wrapped 2022.
  • Pada opsi tersebut, pengguna bisa langsung membagikan Spotify Wrapped 2022 ke Stories Instagram.

Ilustrasi cara membagikan Spotify Wrapped 2022 di media sosial.KOMPAS.com/Zulfikar Hardiansyah Ilustrasi cara membagikan Spotify Wrapped 2022 di media sosial.

Baca juga: Link dan Cara Bikin Receiptify Spotify yang Tengah Ramai di Twitter

Itulah penjelasan lengkap mengenai cara membagikan Spotify Wrapped 2022 di media sosial, selamat mencoba.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.