Link dan Cara Bikin Spotify Iceberg yang Ramai Dibagikan di Twitter

Kompas.com - 28/06/2022, 14:15 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu belakangan, para pengguna media sosial Twitter ramai membicarakan mengenai Spotify Iceberg. Di linimasa Twitter, beberapa pengguna tampak membagikan gambar yang disebut dengan Spotify Iceberg.

Dalam Spotify Iceberg yang dibagikan di Twitter, setidaknya terdapat daftar peringkat nama musisi yang termuat dalam gambar gunung es. Adapun contoh Spotify Iceberg itu, bisa dilihat lewat unggahan dari akun dengan handle @musikmenfess di bawah ini.

Baca juga: Link dan Cara Membuat Spotify Pie yang Sedang Ramai di Media Sosial

Dari contoh di atas, lantas apa itu Spotify Iceberg? Spotify Iceberg adalah grafik pemeringkatan dengan daftar nama musisi atau band yang kerap didengar pengguna di Spotify.

Bila sebelum ini pernah mendengar atau mencoba Spotify Pie, Sportify Iceberg punya pengoperasian yang hampir sama denganya. Bedanya, Spotify Pie membuat grafik pemeringkatan dalam bentuk diagram lingkaran.

Sedangkan di Spotify Iceberg, grafik pemeringkatan nama musisi yang sering didengar di Spotify dibuat dalam bentuk gambar gunung es, seperti namanya (Iceberg). Untuk membuat Spotify Iceberg, pengguna bisa mengakses situs web “Icebergify”.

Icebergify akan membuat daftar pemeringkatan berdasar tingkat popularitas musisi yang sering didengarkan pengguna di Spotify. Popularitas itu dihitung dari besarnya jumlah streaming, bagikan, Like, dan follower dari seorang musisi.

Semakin populer musisi yang sering pengguna dengarkan di Spotify maka ia bakal berada di daftar teratas dari grafik gunung es pada Spotify Iceberg. Sudah penasaran dengan bagaimana cara membuat Spotify Iceberg?

Untuk lebih lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini mengenai cara membuat Spotify Iceberg yang ramai dibagikan di Twitter.

Cara membuat Spotify Iceberg

  • Kunjungi link Spotify Iceberg ini https://icebergify.com.
  • Setelah situs Icebergify terbuka, klik opsi “Create Yours”.
  • Selanjutnya, login akun Spotify dengan memasukkan username dan password di kolom yang tersedia pada situs tersebut.
  • Setelah itu, setujui ketentuan dari Icebergify dengan mengetuk opsi “Agree”.
  • Tunggu beberapa saat hingga muncul gambar grafik gunung es peringkat musisi terpopuler yang sering didengarkan di Spotify.
  • Untuk menyimpan gambar tersebut, silakan lakukan tangkapan layar pada ponsel. Atau, bisa juga dengan membuka menu konteks (klik kanan) di dekstop lalu klik opsi untuk simpan gambar.

Ilustrasi cara membuat Spotify IcebergKOMPAS.com/Zulfikar Ilustrasi cara membuat Spotify Iceberg

Perlu diketahui, Icebergify sendiri dibuat oleh pengembang bernama Akshay Raj, seorang lulusan ilmu komputer dari Rice University, Amerika Serikat. Akshay membuat Icebergify dengan memanfaatkan Web API dari Spotify.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.