Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/12/2022, 14:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber MacRumors

KOMPAS.com - Seorang pria (27 tahun) yang memborong 300 iPhone 13 dirampok di New York, Amerika Serikat. Insiden ini terjadi tak lama setelah ia meninggalkan Apple Fifth Avenue, yaitu toko tempat pria itu membeli ratusan iPhone.

Perampokan itu berlangsung pada Senin (28/11) waktu AS. Awalnya, pria itu membawa 300 iPhone 13 dalam tiga buah tas yang berbeda. Ia kemudian berjalan ke mobilnya pada pukul 1.45 dini hari waktu AS.

Saat itu, sebuah mobil berhenti di sebelah kendaraan pria tersebut. Dari mobil ini lah dua pria perampok melancarkan aksinya dengan melompat keluar dari mobil dan memaksa pria pemilik 300 iPhone 13 menyerahkan tas berisi ponsel tersebut.

Pemilik iPhone 13 mencoba melawan perampok, hingga ia mendapat pukulan di wajahnya. Sementara itu dua perampok berhasil menggasak salah satu tas iPhone.

Baca juga: Lagi-lagi Rampok Beraksi di Toko Apple yang Ramai

Tas itu berisi 125 unit iPhone 13 yang bila ditotal harganya mencapai 95.000 dollar AS (Rp 1,4 miliar).

Menurut kepolisian setempat, pria itu memang kerap membeli iPhone dalam jumlah banyak dari toko Fifth Avenue. Ponsel itu selanjutnya dijual kembali oleh pria tersebut. Namun tidak jelas apa alasan pria itu memborong iPhone pada dini hari.

iPhone 13 SeriesPhone Arena iPhone 13 Series

Toko Apple di Fifth Avenue sendiri memang buka 24 jam sehari, sehingga memungkinkan pelanggan membeli perangkat kapan pun. Namun saat pria New York membeli ratusan iPhone bertepatan dengan momen Black Friday, festival belanja besar-besaran di AS.

Momen itu lah yang kemungkinan dimanfaatkan oleh perampok untuk menjalankan aksinya.

Saat ini sendiri kepolisian setempat masih menyelidiki kasus perampokan tersebut, dihimpun KompasTekno dari MacRumors. Adapun korban diklaim tidak mengalami luka serius.

Perampokan Apple Store di Amsterdam

Insiden perampokan yang melibatkan ponsel besutan Apple juga pernah terjadi di Amsterdam, Belanda pada awal tahun ini. Insiden ini bahkan terjadi di toko resmi Apple atau Apple Store disertai dengan penyanderaan.

Seorang perampok bersenjata mencoba untuk menggasak toko serta melakukan penyanderaan terhadap sejumlah orang dan pengunjung yang berada di dalam toko. Insiden ini terjadi sekitar Selasa (22/2/2022) sore waktu setempat.

Baca juga: Sebuah Mobil Tabrak Apple Store, 1 Orang Tewas dan 19 Lainnya Terluka

Pada saat itu, perampok tersebut sempat pergi ke luar toko dan menunjukkan bahwa dia tengah menyandera seseorang yang berasal dari dalam toko, sebelum dia kembali masuk ke dalam toko.

Setelah pihak kepolisian datang, perampok itu dikabarkan langsung lari untuk menghindar dari gempuran aparat setempat. Namun pihak kepolisian akhirnya berhasil menangkap perampok tersebut dengan cara menabraknya dengan mobil.

Setelah ditabrak, kepolisian Amsterdam kemudian memeriksa tubuh perampok tersebut, dan diketahui tidak membawa bahan peledak, bom, dan semacamnya.

Adapun orang yang disandera, begitu juga orang lainnya yang berada di dalam toko, dinyatakan selamat, terlepas dari sejumlah saksi setempat yang mengatakan bahwa mereka mendengar suara tembakan dari dalam toko.

Usai pelaku ditangkap, kepolisian Amsterdam mengatakan bahwa situasi di sekitar Apple Store Amsterdam sudah kondusif.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber MacRumors
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com