Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Game Pokemon Go Kini Hadir dalam Bahasa Indonesia

Kompas.com - 01/12/2022, 13:30 WIB
Bill Clinten,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Game tangkap monster virtual yang diadaptasi dari serial TV anime ikonik Pokemon, yaitu Pokemon Go kini resmi hadir dengan Bahasa Indonesia.

Sebelumnya, sejak peluncurannya pada 2016 lalu, game tersebut hadir dengan bahasa Inggris dan beberapa bahasa lainnya yang berasal dari negara lain.

Menurut VP Niantic Inc Omar Tellez, kehadiran Bahasa Indonesia di Pokemon Go merupakan komitmen Niantic untuk menunjukkan bahwa Indonesia merupakan pasar penting bagi Pokemon Go.

Selain itu, kehadiran Bahasa Indonesia juga bisa membantu para pemain asal Tanah Air yang tidak terlalu mengerti bahasa Inggris, atau bahasa dari negara lainnya, bermain Pokemon Go dengan lancar.

Baca juga: Link Download dan Spesifikasi Minimum untuk Main Pokemon Unite

"Peluncuran hari ini merupakan momen penting bagi kami, seiring kami mengarah untuk terus memperluas keberadaan kami di Indonesia," ungkap Omar dalam keterangan resmi yang diterima KompasTekno, Kamis (1/12/2022).

Biasanya, bahasa di Pokemon Go akan mengikuti bahasa yang digunakan perangkat. Artinya, apabila ponsel pengguna menggunakan Bahasa Indonesia, maka Pokemon Go juga bakal menggunakan bahasa tersebut.

Namun jika bahasa di dalam game tidak berubah, pengguna bisa mengunjungi tampilan "Menu" > "Settings" > dan "Language".

Setelah itu, mereka bisa memilih opsi Bahasa Indonesia untuk mengganti tulisan menu, dialog, efek, dan elemen game lainnya yang berbahasa Inggris menjadi Bahasa Indonesia.

Ilustrasi peluncuran Pokemon Go dalam bahasa Indonesia.Niantic Ilustrasi peluncuran Pokemon Go dalam bahasa Indonesia.

Gelar event khusus pemain lokal

Nah, dalam rangka memeriahkan momen peluncuran Bahasa Indonesia, Niantic juga menyelenggarakan sebuah event di dalam game yang bernama "Waktu Indonesia Nangkep".

Di dalam event yang digelar pada periode 30 November 2022 - 8 Januari 2023 ini, para pemain alias Trainers berkesempatan mendapatkan pokemon ikonik Bulbasaur, Charmander, atau Squirtle ketika menyelesaikan misi "Field Research".

Selain itu, mereka juga berkesempatan mendapatkan tipe langka (Shiny) dari ketiga pokemon tersebut, sekaligus berkesempatan mendapatkan barang di dalam game (in-game item) Mega Energy.

Baca juga: Developer Pokemon Go PHK Puluhan Karyawan, 4 Proyek Game Dibatalkan

Lalu, Trainers juga bisa menyelesaikan misi "Timed Research" untuk mendapatkan beragam in-game item unik seperti Star Piece, Rare Candy, hingga Super Incubator, serta berkesempatan menangkap Pokemon langka macam Lapras dan Snorlax.

Kemudian, para Trainers juga bisa mendapatkan beragam bonus in-game item lainnya berupa Free Box, Event Box, Poke Ball gratis untuk berbagai jenis, Lucky Egg, Lure Module, dan masih banyak lagi.

Penasaran mencoba Bahasa Indonesia di Pokemon Go? Untuk menjajal game ini, pemain bisa mengunduh Pokemon Go di Play Store (Android) melalui tautan berikut ini atau di App Store (iOS) melalui tautan berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com