Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Jenis-jenis Keyboard Komputer Beserta Fungsinya

Kompas.com - 02/12/2022, 02:00 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Keyboard merupakan bagian dari perangkat keras yang ada di setiap komputer. Perangkat ini memungkinkan pengguna untuk memasukkan instruksi ke komputer dengan menekan tombol yang kemudian dikirim ke prosesor.

Fungsi utama keyboard adalah untuk memasukkan data ke komputer atau perangkat. Keyboard bertindak sebagai perangkat input untuk entri data.

Meskipun fungsi keyboard dalam setiap komputer terlihat hampir sama akan tetapi terdapat berbagai jenis keyboard di pasaran. Jenis-jenis ini bergantung pada penggunaannya.

Oleh karena itu sebelum Anda memutuskan untuk membeli keyboard pastikan bahwa Anda memilih keyboard sesuai dengan kebutuhan. 

Untuk memilih jenis keyboard yang sesuai perlu untuk mengetahui beberapa jenis keyboard yang ada di pasaran. Berikut KompasTekno telah merangkum jenis-jenis keyboard beserta fungsinya yang umum ditemui di pasaran.

Baca juga: 7 Cara Mengatasi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi

Keyboard multimedia

keyboard multimediaflipkart keyboard multimedia

Secara desain keyboard multimedia memiliki desain yang sama dengan keyboard pada umumnya. Akan tetapi, papan ketikan ini dilengkapi dengan beberapa tombol untuk menyesuaikan dengan kebutuhan multimedia.

Tombol-tombol tersebut seperti tombol pengatur suara, tombol khusus untuk membuka aplikasi multimedia, tombol untuk edit multimedia, dan lain sebagainya.

Papan ketik ini cocok untuk Anda yang memiliki pekerjaan atau aktivitas multimedia yang tinggi. Dengan berbagai tombol tambahan untuk mengatur aktivitas multimedia, pekerjaan Anda dapat terbantu dengan baik.

Keyboard mekanik

keyboard mekanikThe New York Times keyboard mekanik

Keyboard mekanik adalah keyboard yang memiliki saklar di bawahnya untuk menghasilkan jenis suara yang lebih keras dibandingkan keyboard membran seperti yang ada di pasaran.

Suara keras yang dihasilkan oleh papan ketik ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Biasanya, keyboard ini digunakan untuk kebutuhan mengetik script yang panjang atau bermain game.

Selain itu papan ketik mekanik diklaim lebih tahan lama dibandingkan dengan keyboard membran atau keyboard biasa.

Keyboard nirkabel

keyboard nirkabelpopular mechanics keyboard nirkabel

Papan ketik nirkabel adalah keyboard yang dihubungkan tanpa menggunakan kabel. Biasanya, digunakan menggunakan bantuan Bluetooth atau WiFi agar dapat bekerja dengan baik.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com