Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Xiaomi Bakal Rilis PC Desktop Pesaing Mac Mini?

Kompas.com - 06/12/2022, 13:46 WIB

KOMPAS.com - Pabrikan smartphone Xiaomi memiliki sejumlah produk laptop untuk menunjang kebutuhan pengguna yang ingin memakai atau bekerja menggunakan komputer (PC).

Kini, perusahaan asal China itu kabarnya bakal memperluas segmen PC mereka dari mobile (laptop) ke desktop. Setidaknya begitu menurut bocoran gambar "nyata" dari produk terbaru desktop PC Xiaomi yang tersebar di media sosial asal China Weibo.

Berdasarkan bocoran gambar tersebut, ada dua model desktop PC yang bakal diumumkan Xiaomi. Kedua produk ini memiliki form factor yang berbeda, satu seperti desktop PC pada umumnya, sementara satunya lagi mirip Mac Mini.

Baca juga: Peluncuran Xiaomi 13 Ditunda Karena China Berduka

Produk desktop PC Xiaomi yang mirip komputer desktop kebanyakan konon memiliki nama Xiaomi Host Mini PC. Meski kelihatan mirip dengan desktop PC pada umumnua, ukuran PC tersebut kabarnya akan lebih kecil dari produk lainnya di kategori yang sama.

Tidak disebutkan apa saja hardware yang bakal membekali Xiaomi Host Mini PC. Namun menurut bocoran gambar, desktop PC ini akan memiliki power supply berjenis XM22AL5X yang punya daya 100 watt.

Ada pula dukungan untuk menambahkan kartu pengolah grafis (GPU) eksternal, serta dukungan pintasan (shortcut) "Windows + M" yang kabarnya bakal dipakai untuk menjalankan beragam perintah khas Xiaomi di dalam komputer.

Ilustrasi desktop PC Xiaomi yang mirip Mac Mini.GSMArena Ilustrasi desktop PC Xiaomi yang mirip Mac Mini.

Untuk desktop PC yang mirip Mac Mini, nama resmi produk ini belum diketahui secara pasti. Namun, tampilan, informasi spesifikasi, berikut harga mini PC terbaru ini sudah terkuak di dunia maya.

Sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Selasa (6/12/2022), mini PC Xiaomi bakal ditenagai dengan prosesor (CPU) AMD Ryzen 7 6800H, GPU Radeon 680M, RAM 16 GB, dan SSD 512 GB.

Baca juga: Jenis-jenis Komputer Berdasarkan Ukuran dan Fungsinya

Komputer desktop yang konon memiliki dukungan daya 45 watt ini kabarnya dibanderol dengan harga 3.999 yuan (sekitar Rp 8,9 juta).

Belum bisa dipastikan apakah rumor terkait Xiaomi Host Mini PC dan dekstop PC mirip Mac Mini buatan Xiaomi ini akurat atau tidak.

Ada kemungkinan Xiaomi bakal menguak detail spesifikasi dan harga kedua desktop PC ini dalam beberapa waktu ke depan.

Sebab, kedua produk komputer ini sebenarnya sempat dijadwalkan meluncur pada 1 Desember kemarin. Namun, peluncuran tersebut ditunda karena ada seorang pejabat penting di China yang meninggal dunia. Kita nantikan saja.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber GSM Arena
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.