Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

YouTube Klaim Sumbang Rp 7,5 Triliun untuk PDB Indonesia

Kompas.com - 08/12/2022, 07:30 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - YouTube diklaim telah menyumbang sebanyak Rp 7,5 triliun pada Pendapatan Domestik Bruto (GDP/Gross Domestic Bruto) pada 2021.

Angka tersebut berasal dari sebuah laporan yang dipublikasi oleh lembaga riset Oxford Economics, yang berjudul "YouTube Impact Report: A Platform for Indonesian Oppurtunity".

Director of Economic Consulting Asia, James Lambert, mengatakan bahwa selain menyumbang Rp 7,5 triliun terhadap GDP, YouTube juga mendukung pertumbuhan lebih dari 200.000 pekerjaan full-time.

Penelitian ini, menurut Lambert, menggunakan metodologi yang digunakan melibatkan 3.019 pengguna Indonesia, 3.227 kreator, dan 526 usaha/bisnis. Sampel tersebut diambil dari tiap wilayah yang dapat merepresentasikan wilayah tersebut.

Baca juga: 10 Video Terpopuler di YouTube Indonesia Sepanjang 2022

Kontribusi yang besar itu dihasilkan dari konten yang diunggah para kreator, konsumen/penonton, pelaku bisnis seperti pengiklan, hingga pekerja yang ada di Indonesia.

"Kami harap kemajuan/pertumbuhan yang bermakna ini dapat berdampak bagi masyarakat Indonesia dan mendukung pemerintah menciptakan 4,4 juta lapangan pekerjaan di (sektor) ekonomi kreatif hingga 2024," kata Lambert dalam acara Google for Indonesia, Rabu (7/12/2022).

Kreator yang mengunggah konten ke platform akan membutuhkan sebuah tim untuk mengembangkan kanal YouTube-nya. Semakin banyak penonton yang menonton konten yang diunggah, kreator bisa mendapat lebih banyak keuntungan.

Hasil keuntungan itu bisa dipakai untuk membayar upah anggota tim atau dibelanjakan ke hal yang lain. Pembayaran upah tersebut secara tidak langsung dapat mendorong perekonomian masyarakat.

Selain itu, sumber pendapatan lainnya bisa didapatkan dari iklan yang disisipkan ke dalam konten video, kolaborasi dengan brand tertentu, hingga undangan pertemuan secara offline.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreator Indonesia, Sandiaga Uno, dalam acara Google for Indonesia yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022)KOMPAS.com Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreator Indonesia, Sandiaga Uno, dalam acara Google for Indonesia yang diselenggarakan di Ciputra Artpreneur, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (7/12/2022)

Dalam kesempatan yang sama, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia, Sandiaga Uno, juga mengatakan hal senada. Ia menilai, ekonomi kreatif memainkan peran yang sangat penting pascapandemi.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.