Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ketika Samsung Galaxy Z Flip 4 Disiksa, Rekam Video 4K Sepanjang HITC Jakarta 2022...

Kompas.com - 14/12/2022, 16:00 WIB
Galuh Putri Riyanto,
Reza Wahyudi

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah tertunda dua tahun gara-gara pandemi Covid-19, festival musik Head in the Clouds Jakarta 2022 akhirnya sukses dilaksanakan pada 3-4 Desember 2022 HITC Jakarta 2022 di Community Park PIK 2, Jakarta Utara .

KompasTekno pun berkesempatan seru-seruan dan menikmati penampilan banyak musisi di HITC Jakarta 2022 selama dua hari. Sebut saja penampilan dari Mili, Zico, Joji, Niki, Rich Brian, Chungha, Bibi, eaJ (Jae Park), hingga Jackson Wang.

Selama dua hari, kami mengabadikan tiap momen dan penampilan para musisi di HITC Jakarta menggunakan ponsel lipat Samsung Galaxy Z Flip 4 5G. Salah satu fitur yang sangat kami andalkan adalah mode perekaman resolusi tinggi (high-resolution) 4K di 60 fps.

Baca juga: Tabel Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy Z Flip 4 di Indonesia

Lantas, bagaimana performa Samsung Galaxy Flip 4 ketika "disiksa" dengan cara digunakan untuk merekam 4K di konser HITC Jakarta?

Video tajam dan stabil

Ilustrasi menggunakan mode FlexCam di Galaxy Z Flip 4 untuk OOTD di HITC Jakarta 2022.Kompas.com/Bill Clinten Ilustrasi menggunakan mode FlexCam di Galaxy Z Flip 4 untuk OOTD di HITC Jakarta 2022.
Pengalaman kami, mode perekaman 4K di 60 fps pada Samsung Galaxy Z Flip 4 menghasilkan video yang tajam dan stabil baik saat siang atau pun malam hari, terutama ketika menggunakan kamera belakang.

Ini dikarenakan, di sektor kamera, Samsung Galaxy Z Flip 4 telah dibekali kamera utama dua kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 12 MP (f/1.8) dan kamera ultrawide 12 MP (f/2.2). Di bagian depan, ada kamera selfie 10 MP (f/2.4).

Kamera tersebut juga dilengkapi dengan penstabil gambar optis (OIS) dan elektronik (VDIS) yang ditingkatkan dari ponsel lipat Galaxy Z Flip 3 (2021).

Dengan kamera yang memiliki OIS dan VDIS, ditambah dengan tangan kami yang cukup stabil, tak heran bila hasil video 4K yang kami ambil bisa tajam dan stabil.

Samsung Galaxy Z Flip 4 juga memiliki fitur Super Steady yang bisa digunakan pengguna, terutama yang memiliki tangan tremor, untuk menstabilkan gambar video dari guncangan saat video tersebut direkam.

Baca juga: Cara Rekam Video Konser Musik Tanpa Ribet Pakai FlexCam Galaxy Z Flip 4

Selama merekam penampilan Zico, Rich Brian, Niki dkk, kami memilih hanya menggunakan perbesaran dari rentang 1x hingga paling maksimal 4x saja agar kualitas video tidak terlalu banyak noise.

Sebenarnya Galaxy Z Flip 4 bisa merekam video hingga perbesaran 10x. Namun, sepengalaman KompasTekno, bila menggunakan perbesaran di atas 4x, video akan semakin terlihat memiliki noise, terutama saat merekam di malam hari.

Baca juga: Mencari Perhatian Yoasobi di HITC 2022 Menggunakan S Pen Galaxy S22 Ultra

Storage aman untuk satu hari

Ilustrasi seorang pengguna Galaxy Z Flip 4 memakai fitur FlexCam di HITC Jakarta 2022.Kompas.com/Bill Clinten Ilustrasi seorang pengguna Galaxy Z Flip 4 memakai fitur FlexCam di HITC Jakarta 2022.
Mode perekaman 4K di 60 fps membuat hasil video yang dihasilkan memiliki ukuran yang cukup besar.

Sepengalaman KompasTekno, video 4K berdurasi 6 menit yang kami rekam memiliki ukuran 3 GB. Contoh lain, video 4K berdurasi sekitar 1 menit besarnya mencapai 600 MB, sedangkan video 4K berdurasi sekitar 3 menit sebesar 1,75 GB.

Lantas, bagaimana dengan kapasitan penyimpanan internal Galaxy Z Flip 4 selama dibawa ke konser HITC Jakarta 2022?

Samsung Galaxy Z Flip dibekali dengan kapasitas RAM 8 GB dan penyimpanan media 128 GB.

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com