Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Ingin Tambahkan OpenAI ke Aplikasi Office Agar Semakin Pintar

Kompas.com - 11/01/2023, 18:02 WIB

KOMPAS.com - Microsoft tampaknya memiliki rencana besar terhadap fitur kecerdasan buatan alias artificial intelligence/AI di beberapa aplikasi dan layanan bikinannya.

"AI akan mengubah cara Anda melakukan segalanya di Windows," kata Panos Panay, kepala Microsoft Windows dan Surface, di panggung ajang tahunan Consumer Electronic Show minggu lalu.

Laporan outlet media The Information terbaru menyebutkan bahwa Microsoft akan menyematkan teknologi kecerdasan buatan GPT dari OpenAI ke layanan Office 365 seperti Microsoft Word dan PowerPoint.

Teknologi AI yang bakal dipakai di Ms Word dan PowerPoint itu adalah teknologi yang sama yang dipakai untuk mengoperasikan ChatGPT yang ramai belakangan ini.

Baca juga: Microsoft Ingin Kalahkan Google Search dengan AI ChatGPT

Seperti diketahui, ChatGPT adalah sebuah chatbot yang diklaim mampu menjawab berbagai pertanyaan atau menampilkan informasi yang sedang dicari pengguna, mirip seperti mesin pencari internet (search engine).

Yang membedakan dengan search engine, ChatGPT disebut mampu menjawab pertanyaan pengguna dengan bahasa yang mudah dipahami, serta mempermudah pengguna untuk mendapatkan informasi atau jawaban spesifik tanpa harus menelusuri hasil pencarian di banyak halaman.

Dengan teknologi AI ChatGPT, pengguna dimungkinkan untuk membuat kalimat atau melengkapi kalimat secara otomatis ketika menggunakan software Ms Word dan PowerPoint.

Laporan lain juga mengatakan Microsoft akan mengintegrasikan teknologi GPT milik OpenAI ke Outlook. Dengan teknologi ini, pengguna disebut bakal dapat menemukan apa yang mereka cari tanpa harus mencari menggunakan kata kunci dalam email.

Teknologi AI itu disebut dapat menyarankan balasan email atau merekomendasikan perubahan dokumen.

Sebelumnya, diwartakan, Microsoft dikabarkan bakal menghadirkan mesin pencari internet (search engine, Bing dengan teknologi GPT.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:
Sumber The Verge
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.