Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Microsoft Bakal Tiru WeChat untuk Saingi Google

Kompas.com - 10/12/2022, 08:00 WIB
Lely Maulida,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Microsoft kabarnya berencana membuat aplikasi super atau super app. Upaya ini sedang dalam pertimbangan perusahaan guna menyaingi dominasi Apple dan Google di ranah pencarian mobile.

Menurut bocoran dari The Information, aplikasi super bikinan Microsoft akan menawarkan pengalaman belanja, pesan instan, pencarian di web, berita dan lain sebagainya. Sederhananya, aplikasi ini akan menyediakan berbagai kebutuhan harian pengguna dalam satu aplikasi.

Konsep itu mirip seperti semua fitur yang ditawarkan WeChat, aplikasi pesan instan asal China. Di aplikasi ini, pengguna bisa mendapatkan aneka fitur dan melakukan banyak hal, mulai dari berkirim pesan hingga belanja.

Baca juga: Elon Musk Ingin Twitter Bisa seperti TikTok dan WeChat

Adapun di Microsoft, aplikasi supernya kemungkinan akan didukung oleh mesin pencarian Bing serta aplikasi seperti Microsoft 365 atau sebelumnya dikenal sebagai aplikasi Office 365. Aplikasi lainnya yang bakal terintegrasi dengan super app Microsoft yaitu Teams untuk menunjang aktivitas panggilan video.

Ide super app sendiri datang dari CEO Microsoft, Satya Nadella. Dikutip KompasTekno dari The Information, Sabtu (10/12/2022), Nadella memerintahkan timnya mengintegrasikan Bing ke aplikasi dan layanan Microsoft lain, seperti Teams dan Outlook sebagai fondasi dari super app yang bakal dibuat.

Sejauh ini, belum ada kepastian apakah Microsoft benar-benar akan meluncurkan aplikasi super. Raksasa teknologi itu juga belum mengonfirmasi laporan ini.

Namun dengan arahan Nadella untuk membangun pondasi super app, menunjukkan indikasi rencana ini tak sekadar wacana.

Ambisi saingi Google Search

Nama Microsoft sudah tak lagi asing di dunia teknologi. Namun sebagian besar layanan Microsoft dan aplikasinya berorientasi untuk pelanggan bisnis, bukan konsumen akhir (end user).

Baca juga: Microsoft Office Pensiun, Bagaimana Nasib Ms Word, Excel, dan PowerPoint?

Nah, gagasan super app menjadi upaya Microsoft agar lebih ramah ke konsumen. Selain itu, super app juga dirancang untuk menyaingi Google sebagai mesin pencari default di banyak perangkat termasuk iPhone.

Pasalnya, Microsoft berulang kali gagal bernegosiasi dengan Apple untuk menjadikan Bing sebagai mesin pencari default di iPhone dan menggantikan Google Search, dihimpun KompasTekno dari MacRumors.

Praktik negosiasi itu konon dilakukan langsung oleh Satya Nadella dan petinggi Apple secara tertutup, sehingga tak banyak pihak internal yang mengetahui rinciannya.

Jadi, dengan adanya super app, Microsoft berharap bisa masuk ke ranah pencarian mobile guna menyaingi Google, ketimbang terus menerus bernegosiasi dengan Apple.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com