Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A14 4G Siap Meluncur di Indonesia?

Kompas.com - 13/01/2023, 16:01 WIB

KOMPAS.com - Samsung tampaknya tengah bersiap memboyong beberapa ponsel baru ke pasar Indonesia dalam waktu dekat. Salah satunya adalah ponsel kelas menengah (mid-range) Samsung Galaxy A14.

Akhir Desember 2022 lalu, salah satu ponsel Samsung terpantau sudah mengantongi sertifikat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) untuk ponsel dengan nomor model “SM-A146P”.

Ponsel tersebut diyakini sebagai Galaxy A14 5G. Karena sudah lolos TKDN, ponsel tersebut kemungkinan besar siap untuk di pasarkan di Tanah Air.

Tak hanya versi 5G, Samsung tampaknya juga bakal memasarkan Galaxy A14 versi 4G. Indikasinya, terdapat ponsel dengan nomor model "SM-A145F" yang lolos dan muncul di situs TKDN. Ponsel SM-A145F tersebut diyakini kuat sebagai perangkat Galaxy A14 4G.

Baca juga: Samsung Galaxy A14 5G Meluncur, Ponsel Kelas Menengah dengan Kamera 50 MP

Perangkat dengan nomor model "SM-A145F" yang sama juga sudah terdaftar di situs Kantor Standarisasi India/Bureau of Indian Standards (BIS).

Tangkapan layar rincian sertifikasi TKDN untuk ponsel Samsung bernomor model SM-A145F. Ponsel ini diyakini kuat sebagai Samsung Galaxy A14 4G.TKDN Kemenperin Tangkapan layar rincian sertifikasi TKDN untuk ponsel Samsung bernomor model SM-A145F. Ponsel ini diyakini kuat sebagai Samsung Galaxy A14 4G.
Di situs TKDN, ponsel "SM-A145F" tercantum dalam sertifikasi bernomor 434/SJ-IND.8/TKDN/1/2023 yang diajukan oleh PT Samsung Electronics Indonesia per tanggal 12 Januari 2023.

Ponsel yang diyakini sebagai Galaxy A14 4G itu mengantongi nilai TKDN sebesar 37,6 persen.

Nilai TKDN tersebut sedikit lebih kecil dibanding ponsel bernomor model "SM-A146P" (Galaxy A14 5G) yang mengantongi nilai TKDN sebesar 39,10 persen.

Bila akurat, maka Samsung Galaxy A14 4G dan Galaxy A14 5G akan menjadi suksesor dari Samsung Galaxy A13 4G dan Galaxy A13 5G yang sudah dijual di Tanah Air sejak tahun lalu.

Bocoran spesifikasi Galaxy A14 4G

Saat ini, Samsung baru merilis Galaxy A14 5G untuk wilayah Spanyol dan Amerika Serikat. Sedangkan, Galaxy A14 4G belum terlihat hilalnya.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.