Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy A14 5G Meluncur, Ponsel Kelas Menengah dengan Kamera 50 MP

Kompas.com - 05/01/2023, 10:30 WIB

KOMPAS.com - Samsung memperkenalkan kelas menengah ponsel terbaru mereka yakni Galaxy A14 5G. Samsung Galaxy A14 5G diperkenalkan di Spanyol pada Rabu (4/1/2023) waktu setempat.

Galaxy A14 5G merupakan penerus dari Galaxy A13 5G yang sudah lebih dulu dirilis pada Maret 2022. Keduanya sama-sama mendukung konektivitas 5G dengan desain yang serupa dan memiliki tiga kamera belakang.

 

Meski secara keseluruhan kedua perangkat tampak serupa, Galaxy A14 5G hadir dengan peningkatan. Salah satunya kamera selfie yang beresolusi 13 MP. Sebelumnya, Galaxy A13 5G dibekali kamera depan yang mentok di 5 MP.

Baca juga: Ponsel Android Go Samsung Galaxy F04 Meluncur, Harga Rp 1 Jutaan

Menurut halaman resmi Samsung Spanyol, Galaxy A14 5G mengusung layar IPS LCD 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus. Ukuran ini sedikit lebih luas dari layar Galaxy A13 5G yang berukuran 6,5 inci. 

Sebagai ponsel kelas menengah, angka refresh rate layarnya mentok di angka 90 Hz. Layar perangkat dihiasi poni “Infinity V” yang menampung kamera depan 13 MP.

Samsung Galaxy A14 5G ditenagai oleh chipset MediaTek Dimensity 700 yang dipadu dengan RAM 4 GB dan media penyimpanan 64 GB/128 GB. Jika kurang, kapasitas penyimpanan bisa diperluas hingga 1 TB melalui slot microSD yang tersedia.

 

Tampilan depan dan belakang dari Samsung Galaxy A14 5GSamsung Tampilan depan dan belakang dari Samsung Galaxy A14 5G

 

Konfigurasi dari kameranya sendiri terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera makro 2 MP, dan depth sensor 2 MP, sama seperti pendahulunya. Baterai yang dimiliki berkapasitas 5.000 mAh dengan pengisian daya cepat 15 watt.

Baca juga: Samsung Pamer Ponsel Konsep dengan Layar yang Bisa Dilipat dan Digeser

Galaxy A14 5G menjalankan sistem operasi Android 13 yang dipoles dengan antarmuka OneUI 5. Perusahaan juga menjanjikan adanya pembaruan sistem selama empat tahun kedepan.

Samsung Galaxy A14 5G tersedia dalam varian warna Hitam, Hijau Muda, Merah Gelap, dan Silver. Samsung Galaxy A14 5G dibanderol dengan harga 200 dollar AS atau sekitar Rp 3,1 juta.

Dirangkum KompasTekno dari GSM Arena, Kamis (5/1/2023), Samsung mengatakan perangkat ini bakal segera hadir di Spanyol dalam beberapa waktu ke depan. Sementara di wilayah Amerika Serikat, Galaxy A14 5G akan mulai dijual pada 12 Januari mendatang. 

Belum diketahui apakah Samsung akan membawa Galaxy A14 5G ke Indonesia atau tidak.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Sumber GSM Arena


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.