BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo

Semakin Canggih, Ini Deretan Teknologi dan Fitur Wajib Smartphone Keluaran 2023

Kompas.com - 25/01/2023, 14:45 WIB

 

KOMPAS.comSmartphone keluaran 2023 akan menyajikan sejumlah pemutakhiran teknologi dan fitur yang akan menjadi tren baru di dunia gadget.

Tren tersebut meliputi kapasitas random access memory (RAM) dan memori internal (ROM) yang lebih besar, desain lebih kompak, kamera lebih jernih, baterai lebih kuat, serta daya tahan lebih kuat.

Maka tak heran, tahun ini menjadi waktu tepat untuk mengganti ponsel, apalagi jika gawai yang telah dimiliki berusia lebih dari 5 tahun.

Untuk lebih jelas, berikut adalah lima tren baru smartphone pada 2023.

1. RAM 8 GB dan ROM 256 GB

Smartphone keluaran 2023 memiliki RAM berkapasitas 8 gigabita (GB) dan ROM 256 GB. Hal ini menjadi standar untuk menjalankan aplikasi terkini yang membutuhkan RAM dan ROM luas, seperti aplikasi belanja online, transportasi online, media sosial, serta game.

Selain itu, sejumlah aplikasi terkini juga menyimpan data dalam kapasitas besar. Bahkan, satu aplikasi bisa menghabiskan ruang ROM sebesar 1 GB hanya untuk menyimpan data.

Baca juga: Oppo Reno8 T Segera Rilis di Indonesia, Oppo Reno8 Turun Harga?

Agar kinerja penyimpanan dan pembukaan data, serta pengoperasian aplikasi semakin lancar, smartphone keluaran 2023 sudah dibekali fitur RAM Expansion untuk menambah kapasitas RAM hingga 8 GB. Dengan fitur ini, total kapasitas RAM yang bisa dinikmati pengguna mencapai 16 GB.

2. Kamera 100 MP

Kamera smartphone mengalami peningkatan teknologi yang cukup signifikan setiap tahun. Beberapa tahun lalu, kamera smartphone memiliki resolusi tertinggi sebesar 64 megapiksel (MP). Pada 2023, smartphone dibekali kamera belakang dengan resolusi hingga 100 MP.

Oppo Reno8 T series.oppo.com Oppo Reno8 T series.

Tak sebatas resolusi, smartphone keluaran 2023 juga dibekali fitur sensor kamera yang lebih canggih. Fitur stabilizer kamera akan dibuat lebih bagus sehingga foto dan video yang dihasilkan tidak blur.

Sensor depth dan lensa makronya pun akan dibuat lebih berkualitas. Dengan begitu, foto makro dan bokeh yang dihasilkan semakin baik. 

3. Daya tahan baterai lebih lama dan kemampuan charging lebih cepat

Daya tahan baterai dan kemampuan charging akan menjadi salah satu fokus utama jenama smartphone pada 2023. Smartphone keluaran tahun ini akan didominasi oleh baterai berkapasitas besar dan teknologi pengisian daya cepat.

Sejumlah jenama smartphone akan menaikkan standar baterai dari 4.500 milliampere per hour (mAh) menjadi 5.000 mAh. Teknologi pengisian cepat juga ditingkatkan menjadi 33 watt (W) untuk waktu pengisian daya lebih singkat dan menunjang produktivitas pengguna.

Baca juga: Oppo Reno8 T dan Oppo A78 5G Segera Masuk Indonesia

Peningkatan tersebut dilakukan untuk menunjang aktivitas pengguna yang membutuhkan ponsel dengan daya tahan lama dan dapat diisi ulang secara cepat.

4. Bodi tahan banting

Tren ponsel keluaran 2023 juga akan didominasi dengan bodi awet dan tahan banting yang telah melalui serangkaian tes ketahanan material dan komponen secara ekstrem. Sebagai contoh, ribuan kali uji jatuh setinggi 10 sentimeter (cm), tes plug-in dan plug-out untuk USB dan earphone, serta pengujian pada suhu tinggi.

Pengujian tersebut dilakukan untuk memastikan smartphone dapat bertahan di berbagai kondisi dan tetap awet digunakan dalam waktu lama.

Baca juga: Oppo Reno8 Series Akan Mendapat ColorOS 13, Berikut Kecanggihan yang Bakal Didapat Pengguna

Kemudian, smartphone terkini juga dibekali peningkatan sertifikasi antiair dan antidebu. Sertifikasi ini menunjukkan bahwa ponsel tahan terhadap paparan air dan debu.

5. Desain up-to-date

Desain bodi smartphone 2023 juga mendapatkan sentuhan baru. Desain melengkung pada tiap sudut memang tetap dipertahankan.

Akan tetapi, desain modul kamera belakang, bodi belakang, dan tampilan antarmuka mengalami perubahan yang disesuaikan dengan tren terbaru. Dengan begitu, smartphone dapat digunakan sebagai penunjang outfit penggunanya.

Oppo Reno8 T Series yang siap dirilis akan menjadi smartphone teranyar Oppo. DOK. Oppo Indonesia. Oppo Reno8 T Series yang siap dirilis akan menjadi smartphone teranyar Oppo.

Sebagai contoh, bodi Oppo Reno8 T Series yang bakal meluncur pada 2023. Desain bodi belakang ponsel ini mengusung tekstur kulit dengan efek jahitan melingkar pada modul kamera belakang. Warna oranye yang diusung pun memberi kesan segar dan youthful.

Varian warna Midnight Black juga tak kalah menarik karena memberikan kesan elegan, mewah, dan premium.

Selain desain bodi yang up-to-date, Oppo Reno8 T Series juga sudah dibekali spesifikasi dan fitur terkini, seperti kapasitas RAM dan ROM untuk menunjang berbagai aplikasi. Kameranya yang beresolusi jumbo 100 MP juga dapat menangkap foto penuh detail dan memberikan kebebasan untuk cropping tanpa khawatir gambar akan pecah.

Selain itu, Oppo Reno8 T Series yang memiliki baterai berkapasitas besar juga ditunjang teknologi pengisian super cepat 33 W untuk mendukung aktivitas pengguna seharian penuh. Smartphone ini juga memiliki bodi tahan banting sehingga dapat diandalkan untuk aktivitas di luar ruangan.

Adapun Oppo Reno8 T Series digadang akan melanjutkan kesuksesan dari Oppo Reno8 Series. Untuk informasi secara lengkap mengenai Oppo Reno8 T Series, silakan klik tautan berikut.

Itulah 5 tren baru smartphone keluaran 2023. Semakin canggih, kan?

Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.