Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pengertian Google Drive dan Fungsinya, Layanan Penyimpanan File Google Berbasis Cloud

Kompas.com - 29/01/2023, 10:15 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

Sumber google.com

KOMPAS.com - Sebagai salah satu raksasa teknologi, Google menyediakan beragam layanan yang dapat menunjang produktivitas pengguna. Salah satu layanan tersebut adalah Google Drive. Lantas, apa itu Google Drive dan fungsinya?

Saat ini, Google Drive tampaknya telah cukup banyak digunakan di berbagai bidang. Namun, meski sudah cukup banyak dimanfaatkan, bukan berarti semua pengguna telah memahami mengenai pengertian Google Drive dan fungsinya.

Baca juga: Cara Menghapus Riwayat Pencarian Google di Laptop dengan Mudah

Oleh karena itu, bila ingin mengetahui lebih lanjut tentang apa itu Google Drive dan fungsinya, silakan simak penjelasan di bawah ini.

Pengertian Google Drive dan fungsinya

Secara definisi ringkas, dapat dikatakan Google Drive adalah layanan penyimpanan file Google berbasis cloud. Untuk diketahui, cloud sendiri merupakan istilah yang mengacu pada teknologi server milik sebuah layanan di internet.

Jadi, seandainya terdapat file yang disimpan melalui cloud, itu berarti file tersebut berada di server internet, alih-alih di memori penyimpanan fisik (hard drive, SSD, dan sejenisnya) pada komputer atau ponsel.

Layanan penyimpanan file berbasis cloud tidak hanya Google Drive. Selain Google Drive, ada OneDrive dari Microsoft dan iCloud dari Apple. Kemudian, ada juga Dropbox dan Amazon Cloud Drive. Semua layanan tersebut, pada dasarnya punya fungsi yang sama.

Fungsi Google Drive sendiri adalah untuk menyimpan dan mengakses file secara online. Seperti penjelasan sebelumnya, penyimpanan file pada Google Drive bukan ditempatkan dalam memori penyimpanan fisik perangkat, melainkan server Google di internet.

Dengan Google Drive, pengguna bisa menyimpan serta mengakses berbagai file kapan saja dan di mana saja, asalkan memiliki perangkat yang tersambung dengan koneksi internet. Lantas, apa saja yang bisa kita simpan di Google Drive?

Google Drive dapat menampung file dengan aneka jenis format, seperti JPEG, PNG, DOC, PDF, PPT, XLS, MP4, dan masih banyak lagi. File-file dengan format tersebut juga bisa langsung dibuka di Google Drive tanpa harus memerlukan aplikasi tambahan.

Kemampuan akses file dengan berbagai macam format itu dimungkinkan lantaran Google Drive telah diintegrasikan secara langsung dengan layanan Google lain, seperti Google Docs, Google Spreadsheet, dan lainnya.

Baca juga: 2 Cara Mengirim Folder lewat E-mail Google Mail

Akses file pada Google Drive tak hanya bisa dilakukan oleh satu pengguna. Dalam hal tersebut, pengguna dapat membagikan akses file di Google Drive miliknya ke pengguna lain untuk berkolaborasi.

Itulah penjelasan umum mengenai pengertian Google Drive dan fungsinya. Lalu, bagaimana cara menggunakan Google Drive? Untuk lebih lengkapnya, berikut adalah pemaparan tentang cara menggunakan Google Drive.

Cara menggunakan Google Drive untuk menyimpan dan mengakses file

Google Drive tersedia dalam format aplikasi dan website untuk ponsel serta desktop. Untuk menggunakan Google Drive, langkah awalnya adalah memastikan telah memiliki akun Google atau akun Gmail terlebih dahulu.

Tanpa akun Google, pengguna tak akan bisa mengakses layanan Google Drive. Tiap akun Google diberikan akses ke ruang penyimpanan Google Drive sebesar 15 GB secara gratis. Ruang penyimpanan itu bisa diperluas tetapi pengguna perlu berlangganan.

Dikutip dari laman resmi Google, pengguna dapat memperoleh ruang penyimpanan Google Drive hingga 2 T dengan biaya langganan mulai 8,40 dollar AS (sekitar Rp 125.000) per bulan. Setelah punya akun, cara menggunakan Google Drive adalah seperti di bawah ini.

Menggunakan Google Drive di ponsel

  • Unduh aplikasi Google Drive di ponsel via Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone)
  • Jika sudah punya, silakan buka aplikasi Google Drive di ponsel dan lakukan login akun Google.
  • Bila berhasil masuk, ketuk ikon tambah dan pilih file dari memori ponsel yang hendak diunggah serta disimpan ke Google Drive.
  • Setiap file yang berhasil diunggah di Google Drive dapat diakses kapan saja.

Menggunakan Google Drive di laptop

  • Buka website “google.com” di browser laptop dan pastikan telah login akun Google.
  • Pada halaman awal “google.com”, klik menu yang terletak di samping persis foto profil dan pilih “Drive”.
  • Selanjutnya, halaman website Google Drive bakal otomatis terbuka.
  • Klik ikon tambah untuk mengunggah dan menyimpan file dari memori laptop ke Google Drive. Pengguna bisa membuka file yang berhasil terunggah di Google Drive kapan pun sesuai keinginan.

Baca juga: 3 Cara Melihat Alamat E-mail Google Sendiri Saat Lupa dengan Mudah di HP

Cukup mudah bukan cara menggunakan Google Drive untuk menyimpan dan mengakses file secara online? Demikianlah penjelasan lengkap mengenai cara menggunakan Google Drive, baik di ponsel maupun laptop, semoga bermanfaat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber google.com


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com