Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Asus ROG Phone 7D Muncul di Situs Benchmark, Ini Spesifikasinya

Kompas.com - 14/03/2023, 16:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Asus disinyalir tengah menyiapkan smartphone gaming baru dari lini seri ROG Phone, yaitu Asus ROG Phone 7D.

Ponsel gaming yang akan menjadi penerus Asus ROG Phone 6D ini sudah trerendus kehadirannya lewat situs benchmark Geekbench.

Halaman tersebut menunjukkan ponsel dengan nama ASUS_AI2205_D yang dipercaya sebagai Asus ROG Phone 7D. Di bawahnya, tercantum sejumlah spesifikasi untuk ponsel gaming ini.

ilustrasi benchmark Asus ROG Phone 7DGSMArena ilustrasi benchmark Asus ROG Phone 7D
Pertama, Asus ROG Phone 7D dibocorkan akan menjalankan sistem operasi (OS) Android 13, berbeda dengan ROG Phone 6D yang mengandalkan Android 12. Jika mengikuti tradisi, sistem operasi ini akan dipoles dengan antarmuka (UI) khas ROG Phone, yaitu ROG UI.

Baca juga: Asus ROG Phone 6 Batman Edition Resmi Dijual di Indonesia, Harga Rp 15 Juta

Melihat bagian informasi prosesor, terlihat bahwa Asus ROG Phone 7D akan menggunakan motherboard dengan nama kode 'kalama' yang merujuk pada chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Adapun chipset ini terdiri dari delapan inti (octa core), yang tiga inti di antaranya memiliki clockspeed hingga 2,02 GHz, empat inti dengan clockspeed hingga 2,80 GHz, dan satu inti utama dengan clockspeed hingga 3,19 GHz.

Chipset Snapdragon 8 Gen 2 tersebut akan dipadukan dengan RAM 16 GB. Ada kemungkinan Asus menawarkan pilihan RAM yang lebih besar, layaknya ROG Phone 6D yang menyediakan opsi RAM 12 GB dan 16 GB.

Selanjutnya, laman Geekbench juga menunjukkan skor benchmark yang diraih oleh ROG Phone 7D dalam pengujian, yakni 2.012 poin untuk pengujian single-core dan 5.697 poin untuk pengujian multi-core.

Selain ROG Phone 7D, Asus dirumorkan juga mengembangkan dua varian lainnya untuk jajaran ROG Phone 7, yaitu ROG Phone 7 versi reguler dan ROG Phone 7 Ultimate.

Spesifikasi Asus ROG Phone 7D

ROG Phone 6D seriesAsus ROG Phone 6D series

Asus ROG Phone 7D dan dua varian lainnya dalam jajaran ROG Phone 7 diklaim memiliki kemiripan spesifikasi dari segi layar dan chipset yang digunakan.

Rumor yang beredar mengeklaim bahwa ROG Phone 7D akan mengusung layar AMOLED dengan refresh rate hingga 165 Hz. Sedangkan untuk jeroannya, ponsel ini akan ditenagai chipset Snapdragon 8 Gen 2.

Meskipun demikian, ada pula rumor yang menyebutkan bahwa ROG Phone 7D akan diotaki chipset buatan MediaTek, Dimensity 9200. Rumor ini muncul karena ROG Phone 6D yang diluncurkan tahun lalu ditenagai chipset MediaTek Dimensity 9000+.

Baca juga: 12 Laptop Gaming Asus ROG yang Siap Meluncur 2023

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, ROG Phone 7D akan dibekali RAM 16 GB sehingga mirip dengan ROG Phone 7 Ultimate. Di sisi lain, tidak diketahui jumlah RAM yang dimiliki ROG Phone 7 versi reguler.

Belum diketahui media penyimpanan yang dimiliki ROG Phone 7D. Namun, model Ultimate dikabarkan akan memiliki media penyimpanan seluas 512 GB, berbeda dengan ROG Phone versi reguler yang memiliki storage 256 GB.

Asus ROG Phone 7D bersama variannya dikabarkan akan meluncur pada kuartal III-2023, yakni sekitar bulan Juli sampai September, sebagaimana dikutip KompasTekno dari GSMArena, Selasa (14/3/2023).

Namun, perlu dicatat bahwa rumor dan bocoran yang sebelumnya dipaparkan belum dikonfirmasi oleh pihak Asus. Sampai penulisan artikel ini pun, Asus belum mengumumkan lini ROG Phone 7.

Oleh karena itu, mari kita menunggu informasi yang resmi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber gsmarena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com