Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Samsung Galaxy F14 Meluncur Besok, Intip Spesifikasinya

Kompas.com - 23/03/2023, 08:01 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber gsmarena

KOMPAS.com - Samsung diketahui tengah menyiapkan ponsel kelas menengah terbarunya, yakni Galaxy F14. Ponsel ini akan meluncur pada 24 Maret mendatang di India.

Meski belum diluncurkan, sebagian dari spesifikasi smartphone kelas menengah itu juga sudah dikonfirmasi oleh Samsung.

Samsung Galaxy F14 sebenarnya memiliki spesifikasi yang mirip dengan Galaxy A14 5G. Hanya saja, ponsel Galaxy F14 ini hanya memiliki dua kamera di punggungnya, berbeda dengan Galaxy A14 5G yang dibekali tiga kamera.

Tidak hanya itu, Galaxy F14 memiliki kapasitas baterai yang lebih besar ketimbang Galaxy A14 5G.

Menurut situs resmi Samsung India, Samsung Galaxy F14 akan mengusung layar berukuran 6,6 inci dengan resolusi Full HD Plus dan lapisan pelindung Gorilla Glass 5.

Update: Samsung Galaxy F14 5G Resmi, Punya Baterai 6.000 mAh dan Kamera 50 MP

Tidak disebutkan refresh rate yang dimiliki ponsel kelas menengah ini, tetapi bocoran dari video unboxing oleh YouTuber pengulas teknologi, TechBar, menunjukkan bahwa Galaxy F14 memiliki refresh rate hingga 90 Hz.

ilustrasi Samsung Galaxy F14Samsung ilustrasi Samsung Galaxy F14
Di tengah layar PLS LCD ponsel itu, terdapat poni menyerupai tetesan air (waterdrop) yang memuat kamera selfie beresolusi 13 MP.

Berpindah ke bagian punggungnya, terdapat dua kamera yang disusun secara vertikal, yakni kamera utama 50 MP dan kamera makro 2 MP.

Untuk sektor dapur pacunya, Galaxy F14 akan diotaki chipset Exynos 1330 berfabrikasi 5 nm yang mendukung konektivitas 5G. Ponsel ini akan dibekali RAM 6 GB dan bisa diperluas melalui Virtual RAM hingga 6 GB, serta media penyimpanan UFS 2.2 seluas 128 GB.

Sedangkan untuk urusan daya, Samsung Galaxy F14 ditopang dengan baterai berkapasitas 6.000 mAh dengan teknologi pengisian cepat berdaya 25 Watt, berbeda dengan Galaxy A14 5G yang dibekali baterai berkapasitas 5.000 mAh dan didukung pengisian cepat 15 Watt.

Baca juga: Menjajal Galaxy A54 5G, HP Menengah Samsung Mirip Galaxy S23

Fitur pendukung Samsung Galaxy F14 mencakup sistem operasi (OS) Android 13 yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) One UI 5.0, dukungan pembaruan OS Android hingga dua kali, jaminan update keamanan hingga empat kali, pemindai sidik jari (fingerprint) samping, slot kartu dual-SIM, slot microSD, Wi-Fi 5, Bluetooth 5.2, port USB Type-C, dan headphone jack 3,5 mm.

Samsung Galaxy F14 tampaknya akan dipasarkan di India dalam tiga varian warna, yakni hitam, hijau, dan ungu. Ponsel ini diperkirakan akan dibanderol seharga 15.000 Rupee (sekitar Rp 2,7 juta), sebagaimana dirangkum KompasTekno dari GSMArena, Rabu (22/3/2023).

Belum diketahui apakah Galaxy F14 akan menyambangi pasar global termasuk Indonesia. Kita tunggu saja informasi resminya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber gsmarena
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com