Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pistol Game Nintendo "Duck Hunt" Dipakai untuk Merampok Toko

Kompas.com - 05/06/2023, 19:10 WIB
Bill Clinten,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber CNN

KOMPAS.com - Sebuah toko kelontong yang berlokasi di kota Sharon, York County, South Carolina, Amerika Serikat (AS) dirampok pada Selasa (30/5/2023) sore pekan lalu. Perampok melancarkan aksinya menggunakan sebuah senjata palsu.

Senjata yang digunakan adalah sebuah "pistol" mainan yang biasa digunakan untuk bermain game lawas Duck Hunt dikonsol Nintendo. Game Duck Hunt sendiri populer di konsol Nintendo Entertainment System (NES) pada era 1980-1990an.

Pistol NES Zapper untuk main game Duck Hunt.Gizmochina Pistol NES Zapper untuk main game Duck Hunt.

 

Menurut laporan kepolisian setempat, perampok yang merupakan pria berumur 25 tahun tersebut menggunakan pistol Nintendo ini untuk menodong penjaga toko. 

Baca juga: Nintendo Desak Valve Hapus Emulator Nintendo di Steam

Si penjaga toko ini kemungkinan tidak tahu bahwa senjata tersebut adalah palsu. Sebab, pistol mainan Nintendo Zapper yang dipakai perampok sudah dicat ulang dengan warna hitam.

Warna asli senjata mainan ini adalah oranye atau abu-abu dengan sentuhan warna putih. Kombinasi warna tersebut menjadi ciri khas konsol Nintendo lawas, seperti pada gambar berikut.

Ilustrasi warna asli Nintendo Zapper untuk main game Duck Hunt.Nintendo Ilustrasi warna asli Nintendo Zapper untuk main game Duck Hunt.
Selain pistol Nintendo Zapper, dalam aksinya, pria ini juga mengenakan rambut palsu (wig), jaket yang dilengkapi penutup kepala (hoodie), serta masker untuk menutupi identitasnya.

Karena takut dan terintimidasi, si penjaga toko memberikan sejumlah uang yang diminta sang perampok, yaitu sekitar 300 dolar AS (setara dengan Rp 4,4 juta).

Meski demikian, kepolisian setempat menangkap perampok tersebut di sebuah toko perlengkapan yang tidak jauh dari toko kelontong yang dirampok tadi.

Karena aksinya ini, perampok tersebut dibui di kepolisian setempat dan dihukum sesuai dengan peraturan yang berlaku di AS, sebagaimana dirangkum KompasTekno dari CNN, Senin (5/6/2023).

Baca juga: Nintendo Bikin Studio Animasi, Perluas Popularitas Mario, Zelda, dkk

Menyoal pistol Nintendo Zapper milik perampok tadi, tidak disebutkan apakah aksesori konsol NES tersebut milik pribadi atau didapatkan dari orang lain. 

Namun yang jelas, perampokan menggunakan pistol palsu kabarnya memang marak di AS, sampai-sampai beberapa daerah di sana melarang penggunaan pistol tiruan atau replika untuk keselamatan publik.

Selain Duck Hunt, aksesori Nintendo ini juga bisa dipakai untuk memainkan game berburu penjahat Hogan's Alley, game petualangan klasik Gumshoe, dan beberapa judul NES lainnya yang mengadopsi gameplay tembak-menembak.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com