Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

MacOS Sonoma Meluncur, Punya Widget di Layar dan Game Mode

Kompas.com - 06/06/2023, 07:42 WIB
Reska K. Nistanto

Editor

KOMPAS.com - Apple resmi meluncurkan sistem operasi baru untuk komputer desktop-nya, yang diberi nama MacOS Sonoma, melalui ajang WWDC 2023.

Fitur utama MacOS Sonoma adalah dukungan widget di desktop komputer/laptop Mac. Kemudian ada pula Game Mode dan screensaver yang bisa bergerak.

MacOS Sonoma atau dari urutannya adalah MacOS 14, akan tersedia dalam versi beta untuk pengembang aplikasi (developer) dan beta publik dalam beberapa minggu ke depan. Ketersediaan MacOS untuk umum dijadwalkan pada akhir tahun ini.

Baca juga: Inikah Tampilan Windows 12 yang Makin Mirip MacOS?

Lantas, apa saja fitur-fitur baru di MacOS Sonoma? Beirkut di antaranya.

Animasi screensaver

MacOS 14 atau disebut macOS Sonoma ini menghadirkan screensaver animasi baru seperti pada Apple TV, sebagai latar belakang desktop yang menawan saat login.

Private browsing Mode di Safari

Sistem operasi baru ini menghadirkan mode menjelajah di internet yang lebih aman (private) dan disempurnakan dengan browser Safari.

Pengguna bisa mengunci halaman browser internet dengan pemindai wajah, memblokir pelacak (tracker), dan menghapus pelacak URL.

MacOS Sonoma (MacOS 14) mendukung widget di layar, serta membawa fitur video conference baru.Apple MacOS Sonoma (MacOS 14) mendukung widget di layar, serta membawa fitur video conference baru.

Widget iPhone di Mac

Dengan OS terbaru ini, pengguna dapat memanfaatkan fitur Continuity untuk menghadirkan widget iPhone ke halaman muka komputer Mac, untuk pengalaman lintas perangkat yang lancar.

Baca juga: iOS 17 Meluncur, Bawa Fitur Baru Journal dan Standby Mode

Mode game

MacOS Sonoma memiliki "Mode Game", yang mengoptimalkan kinerja hardware komputer dengan mengalokasikan sumber daya CPU dan GPU maksimum untuk game yang dimainkan,

Kontroler PlayStation dan Xbox juga dijanjikan memiliki waktu respons yang lebih cepat karena menggunakan koneksi Bluetooth yang dua kali lebih kencang.

Mode Game di MacOS Sonoma mendukung kontroller PS5 dan AirPod.Apple Mode Game di MacOS Sonoma mendukung kontroller PS5 dan AirPod.

Video conference

Apple juga memperbarui pengalaman video conference dalam MacOS Sonoma, termasuk mode Presenter Overlay dan kemampuan menambahkan efek video menggunakan gerakan tangan di seluruh platform, seperti Zoom, Teams, dan WebEx.

Baca juga: MacOS Ventura Bisa Di-download, Bawa Fitur Stage Manager hingga Edit Pesan

Selain fitur-fitur di atas, Apple juga mengatakan bahwa beberapa update di iOS 17 juga tersedia untuk MacOS Sonoma.

Fitur-fitur itu antara lain fitur autocorrect atau koreksi otomatis yang telah ditingkatkan, kemampuan memanggil Siri tanpa mengucapkan kata "hei" terlebih dahulu, serta pengisian formulir PDF yang lebih cepat, dan fungsionalitas stiker yang disempurnakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com