Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 07/06/2023, 08:29 WIB
Zulfikar Hardiansyah

Penulis

KOMPAS.com - Ajang tahunan Worldwide Developer Conference atau WWDC 2023 baru saja digelar Apple pada Selasa dini hari (6/6/2023). Seperti ajang di tahun-tahun sebelumnya, pada WWDC 2023, Apple juga memperkenalkan beberapa produk terbarunya.

Lantas, apa saja yang dirilis di WWDC 2023? Setidaknya terdapat 10 produk yang dirilis Apple di WWDC 2023. Produk-produk itu meliputi Macbook Air pertama dengan bentang layar 15 inci, serta Mac Studio dan Mac Pro terbaru yang dibekali chip M2 Ultra.

Baca juga: MacOS Sonoma Meluncur, Punya Widget di Layar dan Game Mode

Di WWDC 2023, tak ketinggalan pula Apple merilis sistem operasi terbaru untuk beberapa gadget, salah satunya adalah iOS 17. Selain produk-produk itu, terdapat satu produk baru yang bisa dibilang cukup menyita perhatian publik.

Adapun produk itu adalah Vision Pro, perangkat headset augmented reality (AR). Bila tertarik untuk mengetahui lebih lanjut apa saja yang dirilis Apple di WWDC 2023, silakan simak daftarnya di bawah ini.

Daftar produk yang dirilis Apple di WWDC 2023

1. Macbook Air 15 inci

Macbook Air 15 inci.Apple Macbook Air 15 inci.

Macbook Air yang diperkenalkan di WWDC 2023 merupakan seri Macbook Air pertama yang dibekali layar berbentang 15 inci. Macbook Air ini dibekali dengan layar 15,3 inci Retina Display dan chip Apple M2.

Macbook Air 15 inci didukung dengan koneksi Magsafe, USB tipe C, dan jack audio. Macbook Air 15 inci sudah bisa dipesan sekarang, tetapi baru mulai tersedia di pasar pada 13 Juni mendatang. Macbook Air 15 inci dibanderol mulai sekitar Rp 19 juta.

2. Chip M2 Ultra

Chip M2 Ultra.Apple Chip M2 Ultra.

Apple turut merilis chip terbaru untuk desktopnya, yaitu chip M2 Ultra, model tertinggi dari seri chip M2 yang telah dirilis sejak pertengahan tahun lalu. Chip ini dirancang dengan teknologi fabrikasi 5 nm dan diklaim 20 persen lebih cepat dibanding M1 Ultra.

3. Mac Studio M2 Ultra

Mac Studio M2 Ultra.Apple Mac Studio M2 Ultra.

Apple memboyong M2 Ultra yang baru dirilis ke perangkat desktop portabel Mac Studio terbaru. Mac Studio terbaru hadir dalam dua pilihan chip antara M2 Max atau M2 Ultra. Mac Studio ini dibekali RAM hingga 192 GB dan memori hingga 8 TB.

4. Mac Pro M2 Ultra

Mac Pro M2 Ultra.Apple Mac Pro M2 Ultra.

Selain Mac Studio, di WWDC 2023, Apple juga merilis perangkat desktop workstation Mac Pro terbaru yang juga telah didukung chip M2 Ultra. Mac Pro terbaru telah didukung dengan delapan port koneksi thunderbolt.

5. iOS 17

iOS 17.Apple iOS 17.

Salah satu produk yang cukup ditunggu adalah sistem operasi terbaru iPhone, yaitu iOS 17. Penerus iOS 16 itu dibekali beberapa fitur baru, salah satunya yang menarik adalah poster kontak, yang memungkinkan pengguna membuat poster buat ditampilkan saat menelepon.

Baca juga: iOS 17 Meluncur, Bawa Fitur Baru Journal dan Standby Mode

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com