Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Threads, Aplikasi Mirip Twitter Bikinan Facebook Meluncur 6 Juli

Kompas.com - Diperbarui 05/07/2023, 06:38 WIB
Caroline Saskia,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber The Verge

KOMPAS.com - Aplikasi baru bikinan Meta (perusahaan induk Facebook, WhatsApp, dan Instagram) digadang-gadang bakal mirip dengan Twitter. Rumor mengenai aplikasi ini pun sudah terendus sejak Desember 2022 lalu.

Nah, kabar terbaru menemukan bahwa aplikasi tersebut memiliki nama Threads dan bakal segera meluncur pada Kamis (6/7/2023) minggu ini. Informasi tersebut muncul di toko aplikasi resmi Apple App Store.

Ketika pengguna mengakses aplikasi Threads di App Store, terdapat informasi di bawah nama aplikasi bahwa Threads segera meluncur dan diekspektasikan meluncur pada minggu ini, tepatnya pada 6 Juli 2023.

Aplikasi baru bikinan Meta, Threads tertulis bakal segera meluncur pada 6 Juli 2023 di toko aplikasi resmi, Apple App StoreThe Verge Aplikasi baru bikinan Meta, Threads tertulis bakal segera meluncur pada 6 Juli 2023 di toko aplikasi resmi, Apple App Store

Informasi waktu di atas setidaknya dapat memberi panduan kepada pengguna kapan waktu yang tepat untuk mengunduh (download) aplikasi Threads.

Baca juga: Warganet Ramai Beralih Pakai Truth Social karena Baca Twitter Dibatasi, Apa Itu?

Apple App Store juga mencantumkan deskripsi singkat terkait aplikasi Threads. Threads tertulis sebagai aplikasi Instagram untuk melakukan percakapan, tetapi basisnya adalah teks.

Threads juga disebut sebagai wadah untuk komunitas berkumpul dan berdiskusi tentang segara hal yang sedang Anda pedulikan atau sesuatu yang bakal viral besok.

“Berbicara lebih banyak tentang Threads— aplikasi Instagram berbasis teks. Threads adalah tempat di mana komunitas datang bersama untuk mendiskusikan segalanya mengenai topik yang Anda pedulikan dan apa yang akan viral besok,” tulis Meta di laman App Store.

“Hal apapun yang Anda minati, Anda bisa mengikuti atau terkoneksi langsung dengan kreator favorit Anda dan saling menyukai hal yang sama atau bahkan membangun pengikut (followers) yang setia sebagai tempat untuk berbagi ide, opini, dan kreativitas tentang dunia,” tambah Meta.

Kemudian, cuplikan gambar singkat mengenai tampilan Threads menunjukkan bahwa aplikasi pesaing Twitter ini memiliki halaman login. Halaman tersebut bakal meminta pengguna mendaftarkan diri atau login menggunakan akun Instagram.

Cuplikan gambar dari tampilan Threads di iPhoneKOMPAS.com/Caroline Saskia Tanoto Cuplikan gambar dari tampilan Threads di iPhone

Pengguna juga dapat mengikuti akun yang sama seperti yang sudah diikuti di akun Instagram. Hal ini mengindikasikan bahwa Instagram tidak langsung terintegrasi ke dalam Threads. Sebab, pengguna diberi pilihan untuk mengikuti akun yang sama seperti di Instagram atau tidak.

Baca juga: Meta Mau Bikin Media Sosial Baru Pesaing Twitter

Kemudian, gambar lain menampilkan tampilan dari postingan seseorang. Pengguna dimungkinkan membalas komentar atau melakukan sejumlah interaksi lainnya. Pengguna juga diberi pilihan untuk mengatur siapa saja orang yang diperbolehkan melihat postingan.

Pilihan yang ditawarkan adalah “Anyone”, artinya semua orang yang mengikuti ataupun tidak mengikuti dapat melihat unggahan. Lalu, “Profiles you follow” hanya akun yang diikuti saja, dan “Mentioned only” yaitu hanya akun yang “dicolek” yang bisa melihat cuitan.

Secara keseluruhan, tampilan Threads ini cukup mirip dengan Twitter. Beberapa pengaturan fitur yang ditawarkan juga serupa. Hanya saja, aplikasi ini mempertahankan bahasa desain dari Instagram dan berfokus pada postingan berbasis teks.

Temuan serupa juga sempat dilaporkan oleh pengembang aplikasi yang gemar membocorkan bakal fitur baru di media sosial populer, Alessandro Palluzi. Dalam cuitannya di Twitter dengan handle @alex193a, ia menemukan bahwa Threads sudah muncul di Google Play Store.

Ia juga mencantumkan gambar tangkapan layar (screenshot) dari tampilan di dalam aplikasi yang mirip dengan gambar di Apple App Store sebelumnya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com