Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal Pertama di Internet Sepanjang Sejarah, Mulai dari E-mail hingga Video YouTube

Kompas.com - 20/07/2023, 14:15 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Sejak kemunculan internet, dunia tentu terjadi perubahan. Seluruh aspek kehidupan mulai dimudahkan dengan akses komunikasi dan mendapatkan berbagai informasi dari berbagi sumber.

Internet sendiri hadir sejak tahun 1969 saat itu perkembangan awal internet dimulai dari proyek ARPA (Advanced Research Projects Agency) yang didanai oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat.

Sejak mulai merambah ke berbagai aspek kehidupan, internet bagian utama dalam pengembangan beragam aplikasi yang hadir untuk pengguna. Berbagai program pertama kali dijalankan itulah pastinya memiliki satu hal pertama sepanjang sejarah yang menjadi awalannya.

Contoh saja, kemunculan e-mail pertama, nama domain pertama, video YouTube pertama, hingga foto pertama yang diunggah di internet. Apa saja hal pertama yang muncul pertama kali di internet sepanjang sejarah? berikut ini beberapa di antaranya.

Baca juga: Sejarah Perkembangan Ponsel dari Masa ke Masa

E-mail pertama

E-mail pertama yang hadir di internet adalah kiriman e-mail dari Ray Tomlinson kepada dirinya sendiri pada tahun 1971. Kendati demikian pesan pertama itu tidak teringat dengan pasti. Ray Tomlinson sendiri adalah orang pertama yang menggunakan tanda "@" untuk memisahkan nama pengguna dengan nama domain dalam alamat e-mail.

Ia juga memperkenalkan format alamat email standar yang digunakan hingga sekarang, seperti "nama@domain.com".

Nama domain pertama

Nama domain pertama yang terdaftar di internet adalah adalah Symbolics.com pada 15 Maret 1985. Sekarang situs ini berfungsi sebagai situs bersejarah.

Situs web pertama

http://info.cern.ch/hypertext/WWW/TheProject.html merupakan situs web pertama yang didedikasikan untuk informasi tentang World Wide Web yang rilis pada 6 Agustus 1991.

Gambar pertama yang diunggah di web

Foto pertama kali diunggahMusiclub.web.cern.ch Foto pertama kali diunggah

Penasaran foto atau gambar pertama yang rilis di web? gambar yang diunggah tersebut adalah foto dari band komedi bernama Les Horrible Cernettes asal Jenewa, Swiss. Foto tersebut diposting oleh Tim Berners-Lee penemu World Wide Web.

Pesan AOL pertama

AOL merupakan layanan daring yang menawarkan akses internet melalui telepon biasa. Muncul tahun 1990-an layanan ini memungkinkan pengguna bisa terhubung dengan internet, mengakses e-mail, chatting, hingga bermain game.

Adapun pesan instan AOL pertama kali muncul adalah dikirim oleh Ted Leonsis seorang pengusaha dan investor asal Amerika. Pesan yang dikirim kepada istrinya pada 6 Januari 1993 yang berisi "Don't be scared ... it is me. Love you and miss you." kemudian dijawab oleh istrinya "Wow ... this is so cool!".

Item pertama yang dijual di eBay

e-Bay merupakan e-commerce yang hadir pada tahun 1995. Item pertama yang dijual adalah penunjuk lase yang rusak dengan harga 14,83 dollar AS.

Kalimat pertama yang diucapkan di Skype

Kalimat pertama yang diucapkan di Skype adalah dalam bahasa Estonia pada April 2003 oleh seorang anggota tim developor Skype saat itu. Pesan tersebut adaah 'Tere, kas sa kuuled mind?' atau "Hello, can you hear me?" dalam bahasa Inggris.

Video YouTube pertama

Video YouTube pertama yang diposting adalah dari Jawed Karim saat dirinya di kebun binatang San Diego. Video itu diunggah pada 23 April 2005 dan telah ditonton hampir 10 juta kali. Video tersebut bisa ditonton di tautan berikut ini.

Iklan banner online pertama

Iklan banner online pertama Gigazine Iklan banner online pertama

Iklan banner online pertama muncul adalah dari operator telekomunikasi AT&T. Iklan tersebut muncul 1994 di situs HotWired.com oleh Joe McCambley.

Twit pertama Jack Dorsey

Twitter saat ini menjadi media sosial yang masif digunakan pengguna. Jack Dorsey, pendirinya menjadi salah satu pengguna yang melakukan twit pertama kalinya. Twit pertama kali dirilis yang berisi “just set up my twttr” di tahun 2006. 

Baca juga: Sejarah Aplikasi Telegram dan Perkembangannya

Itulah beberapa cuplikan hal pertama yang muncul di internet pertama kali di internet. Kendati demikian masih banyak beberapa hal yang terjadi pertama kali di dunia maya dan tentu berpengaruh pada perkembangan internet hingga kini. Semoga bermanfaat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com