Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cetak Sejarah Baru, Kapitalisasi Apple Tembus 3 Triliun Dollar AS

Kompas.com - 02/07/2023, 12:00 WIB
Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy,
Reska K. Nistanto

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Apple kembali mencetak sejarah baru. Perusahaan teknologi asal Cupertino, California, AS itu telah melampaui kapitalisasi pasar hingga 3 triliun dollar AS atau setara Rp 45.000 triliun (kurs Rp 15.040) pada akhir perdagangan saham, Jumat (30/6/2023).

Raksasa teknologi ini menjadi satu-satunya perusahaan publik di dunia yang pernah menutup sesi perdagangan saham dengan nilai 3 triliun dollar AS.

Sebelumnya, Apple juga sempat menembus angka kapitalisasi 3 triliun dollar AS selama perdagangan intraday pada Januari 2022.

Namun, saat penutupan sesi perdagangan pada hari yang sama, kapitalisasi pasar menurun ke kisaran 2,99 triliun dollar AS.

Baca juga: Apple Jadi Perusahaan Pertama di Dunia Bernilai Rp 42.000 Triliun

Adapun rekor terbaru ini diperoleh karena harga saham Apple meningkat 2 persen dan menyentuh level 193,97 dollar AS per lembar (sekitar Rp 2,9 juta).

Apple melampaui nilai kapitalisasi pasar hingga 3 triliun dollar AS atau setara Rp 45.000 triliun KOMPAS.com/Mikhaangelo Fabialdi Nurhapy Apple melampaui nilai kapitalisasi pasar hingga 3 triliun dollar AS atau setara Rp 45.000 triliun
Dengan sekitar 15,7 miliar saham yang beredar, Apple mampu menggapai nilai kapitalisasi yang sangat tinggi ini.

Sebagai perbandingan, ada empat perusahaan Amerika Serikat lainnya yang memiliki nilai lebih dari 1 triliun dollar AS, yakni Alphabet, Microsoft, Amazon, dan Nvidia. Namun, diketahui bahwa kapitalisasi perusahaan mereka tidak bisa menyaingi Apple.

Angka yang bombastis ini menunjukkan bahwa investor optimistis dengan saham serta portofolio produk dan layanan Apple, misalnya iPhone 15 dan headset augmented reality (AR) Apple Vision Pro.

Kepercayaan ini tetap kuat meskipun sebelumnya pada Mei, Apple mengingatkan potensi penurunan pendapatan (revenue) sekitar 3 persen.

Baca juga: Saham Apple Pecahkan Rekor berkat Headset AR Vision Pro

Diwartakan sebelumnya, pengumuman Apple Vision Pro sukses membuat perusahaan memecahkan rekor saham, dengan nilai saham menyentuh level 183,79 dollar AS per lembar (sekitar Rp 2,7 juta).

Respons positif ini kemungkinan didasarkan oleh ketertarikan banyak orang untuk melihat inovasi yang ditawarkan perangkat.

Headset AR seharga 3.500 dollar AS (sekitar Rp 52 juta) ini juga menawarkan fitur dan cara penggunaan yang lebih manusiawi, karena pengguna bisa melihat kondisi lingkungan asli dan orang lain saat memakai headset.

Seperti yang diketahui, rekor tersebut kini dipecahkan lagi dengan peningkatan nilai saham menjadi 193,7 dollar AS.

Selain rasa percaya diri terhadap produk dan layanan Apple, investor juga melihat perusahaan sebagai titik terang di tengah gejolak sektor teknologi pada 2023.

Sebab, berbagai raksasa teknologi merumahkan ribuan karyawan, dengan komitmen untuk memaksimalkan kinerja dengan jumlah tenaga kerja yang lebih sedikit.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com