Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apple Disebut Siapkan Arloji Pintar Watch X, Meluncur Tahun Depan?

Kompas.com - 14/08/2023, 18:04 WIB
Lely Maulida,
Yudha Pratomo

Tim Redaksi

Sumber Bloomberg

KOMPAS.com - Apple disinyalir sedang menyiapkan Apple Watch generasi baru. Smartwatch anyar tersebut konon akan diberi nama Apple Watch X. Penamaan ini berbeda dengan seri-seri sebelumnya yang biasanya menggunakan angka.

Bocoran ini mencuat dari reporter teknologi Bloomberg, Mark Gurman. Disebutkan bahwa Apple Watch X akan hadir sebagai peringatan 10 tahun Apple Watch.

Sebagai informasi, perangkat ini memulai debutnya pada tahun 2015 dan terus diperbarui setiap tahun. Apple Watch X disebut-sebut bakal rilis sekitar tahun 2024 atau 2025.

Menurut bocoran yang dibagikan Mark Gurman, desainer Apple saat ini sedang berupaya merancang Watch X agar punya bodi yang tipis dibanding Apple Watch yang sudah ada sebelumnya.

Selain itu, Watch X juga dikatakan bakal punya strap atau tali dengan mekanisme pemasangan yang baru.

Baca juga: Nyawa Seorang Pelari Selamat berkat Apple Watch

Menurut desainer Apple, mekanisme pemasangan strap Apple Watch saat ini cukup memakan banyak ruang.

Nah, bila mekanisme itu diubah, akan ada ruang ekstra yang bisa dimanfaatkan untuk benefit lainnya, misalnya untuk baterai yang lebih besar atau pemasangan komponen lain.

Gurman mengatakan, desainer Apple tengah mengeksplorasi sistem pemasangan pita magnet baru untuk menghubungkan antar strap Apple Watch. Namun, rincian desainnya belum begitu jelas. Belum diketahui pula apakah mekanisme baru itu siap saat Watch X dirilis atau tidak.

Peningkatan lainnya dari arloji pintar spesial itu adalah penggunaan layar microLED. Panel layar ini menjanjikan warna hingga ketajaman yang lebih baik dibanding layar OLED yang ada saat ini.

Apple Watch X juga konon bakal dibekali fitur pemantau tekanan darah, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (14/8/2023).

Bila Watch X benar-benar dirilis oleh Apple, maka perangkat ini bakal menjadi arloji pintar Apple dengan banyak peningkatan. Pasalnya, lini seri Apple Watch secara umum hanya membawa sejumlah kecil peningkatan setiap tahunnya.

Pada tahun lalu misalnya, Apple Watch Series 8 hanya membawa tambahan fitur sensor suhu tubuh, terlepas dari hadirnya versi Ultra yang cukup mengesankan.

Baca juga: Apple Watch Ultra, Watch Series 8, dan Watch SE Resmi di Indonesia, Ini Harganya

Sensor suhu di Apple Watch Series 8Apple Sensor suhu di Apple Watch Series 8
Sementara itu Apple Watch Series 7 mengunggulkan aspek tampilan yang lebih besar. Adapun Series 6 tampil dengan peningkatan cukup signifikan, dengan chip yang lebih cepat dan fitur pengukur kadar oksigen dalam darah.

Terlepas dari hal tersebut, Apple menjadwalkan peluncuran smartwatch baru, yang diyakini disebut Watch Series 9 bersamaan dengan iPhone terbaru alias iPhone 15 series pada 12 September mendatang.

Menurut rumor, arloji pintar itu bakal hadir dalam dua ukuran seperti pendahulunya, meliputi ukuran 41 milimeter 45 milimeter atau 49 milimeter untuk model Ultra. Perbedaan di antara kedua versi ini yaitu prosesor yang lebih cepat dan kelirnya yang lebih berwarna.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com