Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penjualan iPhone dan iPad Lesu, Pendapatan Apple Anjlok

Kompas.com - 07/08/2023, 09:00 WIB
Lely Maulida,
Wahyunanda Kusuma Pertiwi

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penjualan iPhone pada kuartal III-2023 tercatat lesu. Hal ini terungkap dari laporan pendapatan Apple untuk kuartal tersebut yang dipublikasikan 3 Agustus 2023 melalui situs resminya.

Penjualan iPhone pada kuartal III-2023 turun 2 persen dibanding tahun lalu. Pendapatan iPhone kuartal ini hanya 39,67 miliar dollar AS (sekitar Rp 601 triliun).

Konon, hal itu terjadi karena kuartal ini dekat dengan jadwal peluncuran iPhone generasi baru, yang biasanya berlangsung bulan September. Selain itu, faktor permintaan pasar smartphone di AS yang sedang seret, juga memengaruhi.

"Industri smartphone di AS saat ini sangat sulit," kata CEO Apple, Tim Cook.

Bukan hanya iPhone, penjualan tablet Apple alias iPad juga lesu di kuartal III-2023. Pendapatan Apple dari iPad bahkan turun 20 persen dibanding kuartal yang sama 2022, menjadi 5,79 miliar dollar AS (sekitar Rp 87 triliun).

Baca juga: Pasar PC Global Kuartal II-2023 Anjlok, Hanya Apple yang Tumbuh

Begitu pula dengan penjualan Mac yang turun 7 persen, seiring dengan lesunya pasar PC. Pendapatan Apple dari Mac dilaporkan sebesar 6,84 miliar dollar AS (sekitar Rp 103 triliun).

Satu-satunya produk hardware Apple yang penjualannya naik yaitu perangkat wearable, meliputi Apple Watch dan AirPods. Penjualan produk Apple ini tumbuh 2 persen dibanding kuartal yang sama tahun lalu, mencapai 8,28 miliar dollar AS (Rp 125 triliun).

Sementara itu, bisnis layanan Apple meliputi Apple Music, Apple TV+, AppleCare, Fitness+ dan lainnya tumbuh positif. Bisnis ini tumbuh 8 persen dibanding kuartal III-2022 dan 5 persen dibanding kuartal III-2021, dengan pendapatan mencapai 21,21 miliar dollar AS.

Pertumbuhan itu menjadi indikasi bahwa strategi Apple untuk merayu konsumen berlangganan layanannya cukup sukses.

Menurut Tim Cook, Apple punya lebih dari satu miliar pengguna yang berlangganan layanannya. Angka ini naik 150 juta dibanding kuartal yang sama tahun 2022.

"Kami memiliki rekor pendapatan sepanjang masa di (segmen) layanan selama kuartal Juni, didorong oleh 1 miliar lebih langganan berbayar," ujar Cook, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Ars Technica, Minggu (6/8/2023).

Secara umum pendapatan Apple pada kuartal III-2023 turun 1 persen dari 83 miliar dollar AS (Rp 1.259 triliun) pada tahun lalu menjadi 81,8 miliar dollar AS (Rp 1.240 triliun). Raksasa teknologi itu tak mengungkap proyeksinya soal pendapatan perusahaan di kuartal mendatang.

Baca juga: Cetak Sejarah Baru, Kapitalisasi Apple Tembus 3 Triliun Dollar AS

iPhone 15 rilis bulan depan?

Apple digadang-dagang tengah menyiapkan smartphone baru, yakni iPhone 15. Bocoran terbaru menyebut, iPhone 15 akan dirilis 13 September mendatang.

Seperti iPhone sebelumnya, iPhone 15 juga disebut bakal hadir dalam empat model, meliputi iPhone 15 "reguler", iPhone 15 Plus, iPhone 15 Pro dan iPhone 15 Pro Max.

Menurut rumor, keempat model iPhone 15 akan dibekali sensor gambar Sony IMX803 beresolusi 48 MP. Sensor itu sama dengan yang disematkan di iPhone 14 Pro dan iPhone 14 Pro Max.

Baca juga: Bocoran Spesifikasi iPhone 15, Bawa Kamera dengan Lensa Hybrid?

Rumor lain juga menyebutkan lini iPhone 15 akan dibekali peningkatan pada sektor kamera dengan teknologi hybrid lens (lensa hybrid).

Selain itu, iPhone 15 konon juga akan menjadi iPhone pertama yang akan menanggalkan port Lightning dan menggunakan USB-C.

Perlu dicatat bahwa jadwal dan bocoran spesifikasi iPhone 15 ini masih bersifat spekulatif. Sebab, hingga saat ini Apple belum memberikan informasi kapan iPhone 15 rilis dan apa saja spesifikasi yang bakal diusung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com