Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Cara Mengatasi Sinyal Smart TV yang Hilang Tiba-tiba

Kompas.com - 02/09/2023, 18:32 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Sejak diberlakukannya penonaktifan TV analog, cara untuk menonton TV adalah menggunakan TV digital yang sudah mendukung fitur DVB-T2 (Digital Video Broadcasting – Terrestrial second generation).

Salah satunya masyarakat mulai beralih menggunakan Smart TV. Kendati demikian meski beralih ke jenis TV digital, pengguna tak terlepas dari beragam masalah yang terjadi.

Salah satunya sinyal Smart TV yang hilang. Sinyal Smart TV yang hilang ini bisa disebabkan oleh beragam faktor. Mulai dari arah atau posisi antena, pemasangan kabel, hingga kondisi jarak antara tempat tinggal dengan pemancar sinyal siaran digital yang cukup jauh. 

Untuk mengatasi hal, berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi sinyal Smart TV yang hilang tiba-tiba.

Baca juga: 15 Hal tentang Migrasi TV Analog ke TV Digital yang Wajib Diketahui

Cek koneksi kabel

Periksa kembali sambungan kabel antara TV dan perangkat sumber. Biasanya kabel yang longgar atau dicabut dapat menyebabkan hilangnya sinyal. Maka dari itu pastikan kembali kabel telah terhubuung dengan aman dan bebas dari risiko kerusakan.

Atur posisi antena yang tepat

Cobalah atur kembali posisi antena TV. Anda bisa memindahkan antena dan mencari tempat yang tepat. Cobalah untuk mengubah arah antena kee wilayah dengan kondisi sinyal digital lebih kuat. Pastikan juga antena tidak terhalang pohon, bangunan, atau gedung.

Lakukan pemindaian ulang saluran

Anda bisa melakukan pemindaian siaran ulang di TV digital. Cari opsi untuk melakukan pemindaian ulang atau pencarian saluran. Ini akan mencari saluran-saluran yang tersedia di area Anda dan memperbarui daftar saluran TV Anda. 

Cek jangkauan sinyal siaran TV

Anda juga bisa mengecek jangkauan sinyal siaran TV digital di wilayah tempat tinggal. Hal ini untuk memastikan apakah saluran tersebut sudah tersedia di wilayah Anda.

Untuk mengecek sinyal siaran TV bisa melalui aplikasi SinyalTV Digital yang bisa diunduh di Play Store (Android) atauu App Store (iOS). Adapun cara mengecek sinyal siaran TV digital bisa disimak di artikel "Cara Cek Jangkauan Sinyal TV Digital lewat Aplikasi"

Baca juga: Apakah Menggunakan Set Top Box TV Digital Perlu Antena?

Demikian cara mengatasi sinyal TV digital yang hilang. Semoga bermanfaat. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com