Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Menggunakan Set Top Box TV Digital Perlu Antena?

Kompas.com - 07/12/2022, 14:02 WIB

KOMPAS.com - Apakah set top box perlu antena? Pertanyaan ini mungkin muncul di benak warga yang terdampak program migrasi siaran TV analog ke TV Digital atau Analog Switch Off (ASO).

Seperti diketahui, warga yang berada di wilayah terdampak ASO, hanya bisa menyaksikan siaran digital saja. Ada dua cara untuk menonton siaran TV digital, yakni beralih sepenuhnya ke TV digital dan menggunakan tambahan alat dekoder yakni set top box (STB) di TV analog.

Dengan STB, TV analog yang biasa digunakan masyarakat akan bisa menampilkan siaran digital tanpa perlu membeli TV digital baru.

Secara sederhana, set top box berfungsi untuk menerima sinyal digital dari antena dan mengonversinya agar bisa diterima di TV analog biasa. Lantas, apakah menggunakan set top box masih memerlukan antena? Lalu, apakah set top box bisa pakai antena dalam (indoor) atau hanya antena luar (outdoor) saja?

Baca juga: Apakah STB Harus Pakai Kabel HDMI buat Nonton Siaran Digital di TV Analog Biasa?

Apakah set top box perlu antena?

Perlu diketahui bahwa fungsi antena berbeda dengan STB. Set top box memerlukan spesifikasi DVB-T2 (Digital Video Broadcasting-Second Generation Terrestrial) untuk menampilkan siaran digital di TV analog.

DVB-T2 berfungsi untuk menerima sinyal konten siaran TV digital sehingga dapat tayang di TV analog biasa. Sementara, antena tidak berfungsi demikian.

Secara umum, fungsi antena adalah untuk menangkap sinyal frekuensi radio (RF) yang dipancarkan stasiun pemancar televisi untuk diteruskan ke rangkaian pranala televisi.

Nah, dalam konteks TV digital, saat menggunakan set top box tetap diperlukan antena UHF (Ultra High Frequency) biasa untuk menangkap sinyal digital.

Untuk menonton siaran TV digital dengan STB di TV analog, masyarakat bisa menggunakan antena yang sebelumnya telah biasa dipakai, yaitu antena UHF berjenis indoor atau outdoor.

Baca juga: Apakah Pakai Set Top Box Harus Ganti Antena untuk Nonton Siaran Digital di TV Analog?

Oleh karena itu, masyarakat bisa menggunakan antena UHF yang sudah dimiliki dan tidak perlu mengganti antena untuk bisa menonton siaran TV digital menggunakan set top box di TV analog.

Antena UHF yang biasa dipakai untuk menonton siaran TV analog tetap dapat digunakan untuk menangkap sinyal digital. Namun, bila hendak menonton siaran digital, kabel dari antena tersebut tidak langsung dihubungkan ke TV analog, melainkan harus disambungkan terlebih dahulu ke port “ANT IN” pada STB supaya sinyal bisa dikonversi.

Kemudian, agar berfungsi dengan optimal untuk menangkap sinyal digital, perlu dipastikan antena ditempatkan pada lokasi yang minim halangan dari beberapa benda, seperti pohon, gedung, atau bangunan, sebagaimana dilansir laman Indonesiabaik.id.

Untuk cara mendapatkan siaran TV digital dengan antena biasa di TV analog, bisa melihat artikel berikut.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.