Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penyebab dan Cara Memulihkan Akun Instagram yang Kena Suspend

Kompas.com - 10/09/2023, 16:30 WIB
Soffya Ranti

Penulis

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mengalami masalah pada akun Instagram? Salah satunya akun yang terkena suspend atau ditangguhkan secara tiba-tiba. Masalah ini tentu sangat mengganggu bagi Anda.

Terutama jika Anda seorang kreator konten yang menggunakan aplikasi Instagram untuk berkarya. Tak jarang penangguhan ini terjadi tanpa alasan maupun pengguna yang tidak sadar melanggar pedoman komunitas platform Instagram.

Namun tenang saja, pengguna bisa memulihkan akun Instagram yang terkena suspend dengan beberapa cara berikut ini. Simak ulasannnya di bawah ini.

Baca juga: Cara Deactive atau Menonaktifkan Akun Instagram Sementara

Penyebab Instagram terkena suspend

Berikut ini beberapa penyebab Instagram ditangguhkan, antara lain:

  • Pengguna telah melanggar ketentuan dan Pedoman Komunitas Instagram, misalnya saja memposting konten yang dilindungi hak cipta, tidak pantas, atau menyesatkan
  • Anda telah menjadi sasaran skema pelarangan Instagram yang mencurigakan
  • Anda telah menggunakan bot atau membayar pengikut
  • Algoritma Instagram bermasalah

Cara mengatasi Instagram yang ditangguhkan

Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memulihkan akun Instagram Anda.

Cek status akun

Cara memulihka akun suspend igKompas.com/soffyaranti Cara memulihka akun suspend ig

Apabila akun Instagram Anda dinonaktifkan karena tidak mengikuti pedoman komunitas Instagram, Anda bisa memilih opsi untuk mengajukan banding atas keputusan tersebut. 

Cara ini dilakukan dengan mengirimkan foto selfie diri, nama kode yang dikirimkan ke nomor telepon Anda, dan nama pengguna Instagram Anda. Hal ini dilakukan karena Instagram meminta untuk mengonfirmasi identitas Anda.

Pastikan saat mengirim identitas, gambar jelas, tidak diedit dan tidak terbalik.Proses peninjauan biasanya memakan waktu hingga dua hari kerja, dan Anda tidak akan memiliki akses ke akun Anda selama waktu tersebut.

Caranya cek bagian status akun Anda. Buka profil Instagram, pilih "Pengaturan dan privasi", selanjutnya gulir ke bawah dan klik "status akun". Di bagian "Status Akun", Anda dapat mengetahui apakah Anda telah memposting sesuatu yang tidak seharusnya.

Jika banding disetujui, Anda akan menerima e-mail dari Instagram di alamat e-mail terkait yang Anda berikan dengan tautan untuk mengatur ulang kata sandi Anda.

Namun apabila banding ditolak bisa jadi verifikasi gagal dan Anda bisa mengirimkan data-data kembali.

Menghubungi bantuan Instagram

Jika Instagram memberi tahu Anda bahwa mereka telah menangguhkan, atau menonaktifkan akun Anda karena terindikasi Anda berulang kali melanggar kekayaan intelektual tau memposting konten yang menipu dan menyesatkan, Anda bisa mengisi formulir bantuan Instagram di tautan berikut ini.

Anda juga harus menjelaskan mengapa konten tersebut tidak boleh dihapus, dan Anda juga dapat mengunggah file apa pun yang relevan untuk membantu masalah Anda.

Mengisi bantuan formulir

Bagi akun Anda yang dinonaktifkan tidak senngaja oleh Instagram, maka bisa menggunakan bantuan dengan memberikan salinan tanda pengenal berfoto yang dikeluarkan pemerintah. seperti SIM, paspor, KTP, selain itu Anda juga mengisi formulir bantuan berikut ini.

Baca juga: Cara Bikin Template Twibbon untuk Instagram Story untuk Keperluan Acara

Demikian cara memulihkan akun Instagram yang terkena suspend. Semoga bermanfaat.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com